Gadis Berwajah 'Tua' Wafat dalam Usia 17 Tahun

London: Heyley Okines, seorang gadis yang menjadi berita utama tiga tahun lalu akibat penyakit langka, hari ini meninggal dunia dalam usia 17 tahun.

Tiga tahun lalu, gadis ini menjadi sorotan media setelah dirinya menjadi bagian dari sebuah film dokumenter tentang kondisi penuaan yang dialami. Namun pada usia ke-17, dia  menghembuskan napas terakhir.

“Bayi perempuan saya  telah pergi ke suatu tempat yang lebih baik. Dia menghembuskan napas terakhir dalam pelukanku pada pukul 09.39,” tulis ibunda Heyley di media sosial Facebook.

Heyley menderita progeria, penyakit langka yang mengakibatkan dirinya mengalami delapan kali penuaan dibandingkan manusia normal.

Penyakit progeria melibatkan protein mutan yang disebut progerin, yang mempercepat penuaan fisik. Progeria sebenarnya diambil dari kata Yunanai ‘proeros’ yang berarti tua sebelum waktunya.

Penderita progeria biasanya akan mengalami gejala kebotakan, radang sendi dan masalah jantung, bahkan ketika usia mereka baru 10 tahun. Pasien progeria biasanya meninggal akibat serangan jantung atau stroke pada usia rata-rata 13 tahun.

Namun, hayley merupakan salah satu pasien yang membuktikan dapat bertahan hidup empat tahun lebih lama. Dia sempat menerbitkan sebuah otobiografi tentang hidup dengan penyakit ini.

“Seluruh keluarga Progeria berduka bersama-sama dan kita ucapkan selamat tinggal kepada Hayley Okines, si cerdas, cantik dan penyemangat kami yang meninggal hari ini, di usia 17 tahun,” posting Progeria Research Foundation di laman Facebook.

Dalam sebuah wawancara dengan The Sunday People pada 2013, ibunya menggambarkan bahwa hidup dengan penyakit progeria bak di neraka.

“Bagian yang paling sulit adalah Hayley memiliki pikiran seorang gadis normal 13 tahun yang terkunci dalam tubuh orangtua,” kata sang ibu. (Ningtriasih/Daily Mail)
ROS

Sumber : metrotvnews.com