Freedom Wars, Wajib untuk Penggemar RPG Garis Keras

PlayStation Vita adalah sebuah platform gaming yang sarat dengan game RPG. Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya beberapa game eksklusif yang tak akan ditemukan di platform lain, bahkan pada konsol PlayStation lainnya.

Dari sekian banyak game RPG eksklusif ini, ada satu game yang cukup menyita perhatian saya, Freedom Wars. Seperti apakah karakteristik yang dimilikinya? Berikut ulasannya.

Freedom Wars adalah game RPG yang dipadukan dengan unsur action, menjadikannya sebuah game action-RPG dengan gaya permainan yang cukup dinamis. Cerita yang disajikan memang cukup unik, pemain akan berperan sabagai salah satu pendosa (sinner) yang tugasnya mengabdi untuk kota kelahiran sampai maut menjemput.

Cara mengabdi yang diemban hanya satu, yaitu menjadi prajurit garis depan yang bisa gugur kapan saja.

Latar waktu yang digunakan adalah zaman modern yang cenderung futuristik, yang bisa dilihat melalui cara berpakaian semua karakter dan berbagai jenis senjata yang digunakan. Sebagai pendosa, setiap karakter akan ditugaskan ke medan perang untuk menyelesaikan misi tertentu, seperti menghancurkan musuh yang ada, atau mengamankan penduduk sipil yang diculik.

Salah satu keunikan yang hadir dalam Freedom Wars adalah Panopticon, yaitu tempat kota pemain dilahirkan dan mengabdi. Kota ini rupanya menggunakan nama kota asli di dunia nyata, dan dengan mengaktifkan mode multiplayer, pemain secara tak langsung bisa berinteraksi dengan pemain lainnya dalam satu Panopticon. Saya sendiri menjadi sinner dari Paopticon Jakarta. Sejauh ini, jumlah pemain dengan Panopticon Jakarta telah mencapai 1.500 orang.

Kontribusi menjadi hal yang sangat peting dalam permainan. Setiap menyelesaikan misi, pemain akan mendapatkan skor yang berpengaruh pada pengurangan masa hukuman Anda. Ya, sebagai pendosa, pemain terlahir dengan masa hukuman 1 juta tahun. Semakin tinggi tingkat kesulitan suatu level, maka pengurangan masa hukuman akan semakin besar.

Teknik pertarungan menjadi keunggulan berikutanya yang dihadirkan Freedom Wars. Setiap karakter diberi sebuah cambuk duri dengan tiga pilihan kemampuan. Cambuk ini berguna untuk menangkap musuh dengan ukuran yang jauh lebih besar, atau mendukung daya serang pemain lain.

Pemain juga bisa melengkapi diri dengan berbagai jenis senjata, mulai dari senjata jarak dekat, sampai peluncur roket. Setiap menjalankan misi, pemain tidak akan pernah sendirian karena banyak sekali anggota party yang siap menemani.

Freedom Wars adalah game action-RPG yang saya rekomendasikan, terutama jika Anda penggemar game RPG garis keras. Gameplay dan tampilan visual yang disajikan berhasil membuat saya penasaran dengan apa yang bisa saya lakukan untuk berkontribusi kepada Panopticon. Fitur multiplayer juga menjadi kelebihan tersendiri untuk mereka yang gemar bermain dengan teman.

Platform: PlayStation Vita
Developer: SCE Japan Studio
Publisher: Sony Computer Entertainment
Jenis: Action-RPG
Batas Umur: Remaja
Situs Resmi: http://www.playstation.com/en-us/games/freedom-wars-psvita/

+ Gaya permainan action-RPG yang dinamis
+ Tingkat kesulitan yang cukup menantang

ABE

Sumber : metrotvnews.com