Minggu ini, film bertajuk Independence Day : Resurgence menjadi salah satu film terfavorit di Tanah Air. Meskipun demikian, hal ini tidak terjadi di Negara asalnya, Amerika Serikat. Sejak ditayangkan pada 24 Juni lalu, film ini hanya menuai pendapatan sebesar $41 juta saya.

Tentunya hasil tersebut tidak setara dengan biaya produksi filmnya yang menghabiskan dana sebesar $165 juta. Salah satu asalan yang diduga menyebabkan minimnya minat masyarakat Amerika Serikat terhadap film ini adalah jauhnya perbedaan perilisan antara film pertama dan keduanya, yaitu 20 tahun.

Tak hanya itu, Will Smith, pemeran utama yang menyukseskan film pertamanya ini, tidak lagi bersedia untuk bermain di film sekuelnya. Tapi untungnya laba yang didapat dari penayangannya di Indonesia dan Tiongkok mampu mencapai angka $99,5 juta.

Film Independence Day 2 ini bisa dibilang dikalahkan oleh film animasi bertajuk Finding Dory yang pada minggu kedua penayangannya masih meraih $73 juta, sekarang sudah mencapai angka $286.3 juta. Memang, film animasi ini tergolong fenomenal di Amerika, lantaran Dory terbukti menjadi karakter animasi yang paling disukai oleh masyarakat.

Film Independence Day 2 mengisahkan pasca invasi terakhir pada tahun 1996, dimana sejumlah Negara di dunia menjalin kerja sama dalam sebuah program Earth Space Defence (ESD). Dalam program tersebut, mereka menciptakan sebuah sistem peringatan dini di bumi dengan mengandalkan teknologi alien.

Akan tetapi, nyatanya tak ada yang mampu mempersiapkan untuk menghadang serangan balik dari alien. Namun berkat kecerdikan David Levinson, pilot Jake Morrison, serta sejumlah tokoh pemberani lainnya, mereka sukses membebaskan planet bumi dari kebinasaan.