Menjalani ibadah puasa ternyata tidak hanya akan mendapatkan pahala saja, melainkan juga mampu memberikan kesehatan terhadap pembuluh darah serta jantung. Peryataan ini dilontarkan oleh seorang Dr. Eka Ginanjar, SpPD, konsultan kardiovaskular dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

“Puasa akan sangat bermanfaat sekali jika dilakukan dengan cara yang tepat. Berpuasa mampu menurunkan kadar kolesterol serta lemak yang mengendap di dalam tubuh. Untuk itu, saat mengasup makanan di waktu saur, janganlah berlebihan,” ujar Dr Eka.

Saat santap sahur dan berbuka, anda perlu berhati-hati dalam memilah makanan. Pilihlah kudapan yang bergizi dan sehat. Tak hanya itu, disarankan juga agar tidak mengasup makanan dengan jumlah yang berlebihan.

Terlalu berlebihan mengasup makanan saat sahur, akan menyebabkan anda cepat ngantuk di siang harinya yang tentunya sangat mengganggu rutinitas anda setiap harinya. Tak hanya itu, berbuka dengan memakan makanan sebanyak-banyaknya itu juga sama sekali tidak dianjurkan karena tidak menyehatkan tubuh.

Ketika berpuasa, sebaiknya anda juga tetap harus berolahraga. Pasalnya, jika mengasup makanan berlebihan dan kurang gerak, maka akan terjadi penumpukan plak pada pembuluh darah. Hal ini akan memicu terjadinya serangan jantung yang membahayakan. Terlebih lagi, bila penyumbatan tersebut terjadi di dalam otak, maka akan mengakibatkan stroke.

Sejatinya, puasa bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah tatkala dijalani dengan cara yang benar. Bukalah puasa anda dengan mengasup kudapan sehat. Makanan sehat tersebut bisa berupa kurma, sayuran, ataupun buah-buahan, dan jangalah lupa untuk memperbanyak minum air putih.

Selain itu, sebaiknya anda meminimalisir untuk melahap santapan yang mengandung kadar lemak dan gula yang tinggi. Pasalnya, jenis makanan yang demikian, akan memicu beragam penyakit di dalam tubuh.