Dalam penghelatan Euro 2016, Jerman vs Slovakia, Mesut Ozil mengukir catatan buruk setelah ia gagal menjebol gawang lawan melalui tendangan penalti. Kegagalan itu dialaminya akibat tepisan dari Matus Kozacik yang sukses menggagalkan pemain berusia 27 tahun itu mencetak gol.

Sebenarnya, Timnas Jerman sudah mengungguli lebih dulu laga tersebut melalui gol impresif yang dilesakan oleh Jerome Boanteng. Setelahnya, mereka mendapatkan kesempatan berupa tendangan penalty saat terjadi dorongan Martin Skrtel kepada Mario Gomez.

Meski ada Toni Kroos dan Martin Skrtel, tapi nama Ozil yang dipercayakan untuk melakukan tendangan penalti. Namun sayang, kepercayaan yang diberikan itu membuahkan kekecewaan.

Ini adalah kali pertamanya pemain Jerman gagal mencetak gol di waktu pertandingan normal. Memang, sebelumnya tim yang ditukangi Joachim Low itu tak pernah mengalaminya lantaran mereka memiliki para pemain impresif. Meski begitu, ini bukan berarti menunjukkan kualitas permain ozil buruk saat itu.

Sejauh ini, Ozil menjadi pemain keempat yang tak berhasil menorehkan gol di kotak penalti di penghelatan Euro 2016 ini. Sebelumnya, ada nama Christiano Ronaldo, Sergio Ramos, dan Alezander yang urung memanfaatkan penalty dengan baik.

Beruntungnya, kegagalan Ozil untuk mencetak gol di kotak penalti tak berpengaruh pada performa Jerman secara menyeluruh. Perolehan 3 poin yang dicetak oleh Gomez, Boateng, dan Julian Draxler sukses membawa Jerman menjawarai pertandingan tersebut. Saat ini, Timnas Jerman hanya tinggal menunggu laga melawan Italia ataupun Spanyol di babak perempat final.

“Italia merupakan salah satu tim yang memiliki performa begitu impresif, khususnya di sektor penyerang dan bertahan. Spanyol yang sekarang sudah mengalami banyak alterasi yang signifikan dan mereka masih menjadi tim unggulan,” ujar Low.