Minum teh hijau itu memanglah memberikan banyak manfaat kesehatan. Tapinya, teh hijau juga dapat menimbulkan efek samping jikalau dikonsumsi secara berlebihan. Sekiranya, 2 cangkir ialah batasan aman untuk minum teh hijau. Karena, minuman ini juga mengandung berbagai bahan yang bisa membahayakan kesehatan, seperti kafein, tanin dan katekin.

Karena itulah, sebaiknya Anda enggak lebih dari 2 cangkir pada saat minum teh hijau jikalau tak ingin merasakan dampak negatifnya bagi kesehatan seperti berikut ini.

– Sakit perut

Tanin didalam teh hijau dapat memicu meninggikan keasaman di lambung, sehingga menyebabkan sakit perut, mual dan sembelit. Dengan demikian, minum teh hijau saat perut kosong harus dihindari.

– Sakit kepala

Menurut sebuah penelitian, bahwa kandungan kafein didalam teh hijau ialah salah satu penyebab sakit kepala kronis. Karena itu, penderita migrain dan vertigo sebaiknya menghindari teh hijau.

– Diare

Diare ialah efek samping lainnya pada saat minum teh hijau secara berlebihan. Efek pencahar kafein itu memicu rangsangan otot-otot usus berkontraksi. Pada akhirnya proses ini mengakibatkan sistem tubuh mengeluarkan kotoran, namun sering menyebabkan diare.

– Anemia

Jikalau terlalu banyak minum teh hijau, dalam hal ini 2 cangkir lebih sehari, bahaya karena mengurangi penyerapan zat besi dari makanan. Untuk menghindari masalah ini, sebaiknya teh hijau diminum dengan lemon atau buah lain yang kaya vitamin C.
Masalah tidur

Sama semisal kandungan kopi, ternyata teh hijau pun mengandung kafein yang dapat menyebabkan Anda susah tidur jikalau Anda meminumnya lebih dari 2 cangkir sehari. Kafein meningkatkan produksi adrenalin di otak, sehingga membuat Anda terus terjaga.

– Detak jantung tak beraturan

Kafein dalam teh hijau dapat mengakibatkan detak jantung berdetak enggak beraturan. Karena, kafein dalam teh hijau memicu otot-otot jantung berkontraksi ketika istirahat.