Efek Buruk Jika Pekerja Menuntut Gaji Terlalu Tinggi
Buruh Demo Kenaikan Gaji / WARTA KOTA / HENRY LOPULALAN

Kenaikan harga BBM waktu lalu sebesar Rp 2rb, Kenaikan harga BBM sangat berpengaruh pada kenaikan harga pangan, hal inilah yang menjadi penyebab beberapa kelompok pekerja melakukan demo untuk menaikkan gaji. Tetapi bagaimana jika para pekerja menuntut gaji terlalu tinggi kepada perusahaan? Sudahkah diperhitungkan apa efek yang akan terjadi nanti?

Seperti dilansir dari TribunNews(11/12), dalam hal ini wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla memaklumi keinginan buruh agar pemerintah terus menaikkan upah. Tetapi pemerintah juga tidak bisa serta merta menaikkan upah pekerja dengan begitu saja. Banyak hal yang harus dipertimbangkan termasuk jika perusahaan mengganti alternatif dalam usahanya seperti mengganti peran pegawainya dengan mesin. Hal ini bisa menjadikan pemecatan massal di Indonesia.

Kepada wartawan usai menghadiri Loka Karya Hak Asasi Manusia (HAM), di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Rabu (10/12/2014), JK mengatakan bahwa setiap industri perusahaan tertentu memiliki keuntungan yang berbeda, sehingga kemampuan mereka dalam membayar pegawainya juga berbeda.

“Kita inginnya buruh punya upah tinggi, tapi perusahaan punya alternatif. Bahayanya nanti orang pasang mesin semua, akhirnya mengurangi tenaga kerja,” kata JK.

Tidak hanya itu, kata JK, bisa jadi pabrik tersebut tutup karena tidak mampu membayar gaji karyawan yang terlalu tinggi dan tidak mampu melakukan mekanisasi.

“Itu bahayanya nanti orang akan pasang mesin semua. Nah, akhirnya mengurangi tenaga kerja. Kita inginnya buruh itu punya upah yang tinggi. Tapi para pengusaha punya alternatif, kalau ketinggian nanti mereka melakukan mekanisasi, akhirnya lapangan kerja menurun,” kata JK.

Dengan demikian idealnya gaji karyawan menyesuaikan dengan keuntungan perusahaan. Kalau pun ada kenaikkan, hal itu juga sedikit banyaknya berkaitan dengan keuntungan perusahaan.

“Kalau tiba-tiba (gaji minta) naik, maka orang akan berhenti berproduksi,” ujarnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, hari iniribuan buruh pabrik menggelar aksi demo di berbagai kota.

Di Jakarta puluhan ribu buruh memadati sisi Monumen Nasional (Monas) yang terletak tepat diseberang Istana, dan di Bundaran Hotel Indonesia. Tuntutannya satu meminta upah buruh naik.

Kejadian tersebut sempat membuat arus lalu lintas Jalan Medan Merdeka Utara ditutup untuk sementara. Selain itu Jalan Djuanda ke arah Harmoni juga lumpuh akibat dari aksi buruh.