Dugaan Penyebab Pesawat F-16 Terbakar

Jakarta: Sistem hidrolik pesawat tempur F-16 nomor register TS 1643 diduga rusak. Pesawat yang dikendalikan Letkol Pnb Firman Dwi Cahyo itu gagal take off dan terbakar, pagi tadi.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Agus Supriatna mengatakan saat bersiap lepas landas Firman mengidentifikasi sistem hidrolik tak berfungsi. Ini ditandai dengan menyalanya lampu peringatan.

“Penerbang melihat ada dua indikasi, hidrolik dan elektrik,” kata Agus di Mabes TNI AU, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (16/4/2015).

Firman langsung membatalkan penerbangan saat pesawat sudah berada di ujung landasan pacu Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Dia mengerem secara maksimal. Namun, upaya itu tidak berhasil menahan laju pesawat asal Amerika itu.

“Kemungkinan hidrolik ada trouble, ada kebocoran. Jadi pengereman tidak bisa maksimum. Sistem pengereman pesawat memang menggunakan hidrolik,” kata dia.

Akhirnya, Firman memutuskan bermanuver dengan memutar pesawat kembali. Namun, nahas percikan api malah muncul dari bagian badan pesawat.

“Dia mengambil action dengan memutar pesawat itu kembali. Tapi karena mesin bahan bakarnya penuh, muncul percikan api,” tandas dia.
TRK

Sumber : metrotvnews.com