Dubes AS di Seoul Luka Akibat Serangan Pisau Pria Misterius

Seoul – Duta Besar AS untuk Korea Selatan Mark Lippert diserang di Seoul. Informasi itu disampaikan menurut sumber-sumber pemerintah dari kedua negara.

Menurut polisi Seoul, Lippert tersayat di bagian pipi kanan dan tangan dengan pisau berukuran sekitar 10 inchi pada Rabu pukul 17.42 waktu setempat. Beberapa media menyebut senjata tajam yang digunakan seperti pisau cukur atau silet.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Marie Harf membenarkan insiden penyerangan yang dialami Lippert saat memberikan sambutan di Seoul pagi hari. Ia mengatakan kedutaan Korea Selatan telah berkoordinasi dengan penegak hukum setempat untuk mengusut kasus tersebut.

“Kami sangat mengutuk tindakan kekerasan ini. Duta Besar sedang dirawat di rumah sakit setempat. Lukanya tidak mengancam jiwa,” kata Harf seperti dikutip dari CNN, Kamis (5/3/2015).

Menurut kepala polisi setempat Yoon Myung-seon, Lippert datang ke acara yang diselenggarakan oleh Korea Council for Reconciliation and Cooperation. Sementara tersangka dalam serangan itu disebut-sebut sebagai anggota dewan.

Kantor berita Korea Selatan Yonhap menulis, tersangka adalah seorang pria 55 tahun dengan nama belakang ‘Kim’. Pihak berwenang mengatakan ia menentang latihan militer bersama Korea Selatan-AS latihan militer yang dimulai awal pekan ini.

Namun identitas sebenarnya tersangka masih misterius atau dirahasiakan dari publik. Dilansir dari Reuters, seorang tersangka sudah diamankan oleh pihak berwenang dan dalam proses investigasi.

Yonhap melaporkan tersangka datang dari belakang, berteriak di kerumunan dan mendorong Lippert ke atas meja lalu mulai menyerangnya. Kini polisi Seoul tengah menyelidiki motif serangan tersebut.

“Pada bulan Juli 2010, Kim menerima penangguhan hukuman dua tahun penjara akibat melemparkan sepotong beton pada Duta Besar Jepang untuk Korea Selatan,” tulis Yonhap.

Saluran berita Korea Selatan YTN melaporkan, sesaat setelah serangan saat sarapan pagi di Sejong Hall di Seoul, Lippert yang sudah berlumuran darah bergegas dibawa ke rumah sakit.

Lippert adalah teman lama dan orang kepercayaan Presiden Barack Obama, yang telah menjadi anggota lingkaran dalam sejak suami Michelle Obama itu menjadi senator.Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Bernadette Meehan menyebut Obama telah menghubungi Lippert, dan berharap ia baik-baik saja.

“Presiden telah menghubungi Duta Besar AS untuk Republik Korea, Mark Lippert. Mendoakan ia cepat pulih dan juga istrinya Robyn,” kata Meehan dalam sebuah pernyataan. (Tnt/Sss)

Sumber : Liputan6.com