Dubai Akan Buat Mobil Autopilot
Dubai Akan Buat Mobil Autopilot

DUAKALI.COM, DUBAI – Ditahun 2015 ini, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) ingin membuat sebuah inovasi dalam teknologi yaitu tentang pembuatan sebuah mobil autopilot atau mobil tanpa sopir. Hal ini diuratakan oleh Direktur Eksekutif RTA, Mattar Al Tayer.

Menurut Tayer seperti dilansir dari okezone (18/2/2015), upaya pembuatan mobil tanpa sopir itu merupakan agian dari pelaksanaan program 2015 sebagai tahun inovasi di Negara Teluk itu.

Tujuan jangka panjangnya adalah penggunaan mobil autopilot di ajang World Expo 2020, di mana Dubai akan menjadi kota pertama di Arab yang menjadi tuan rumah.

Menurut Al Tayer, pihaknya sudah membentuk tim untuk mempelajari mobil berteknologi autopilot. Tim juga bertugas membuat rencana kerja serta menentukan strategi pengembangan teknologinya.

“Mengidentifikasi standar dan spesifikasi yang dibutuhkan pada kendaraan, serta apa saja infrastruktur yang dibutuhkan untuk menjamin keamanannya,” jelas Al Tayer seperti dikutip dari Xinhua.

Delegasi RTA juga sudah berkunjung ke negara-negara Eropa untuk mengetahui lebih jauh tentang teknologi kendaraan yang juga disebut autonomous driving itu.

Dubai merupakan kota terdepan di Teluk dalam hal penerapan teknologi. Awal pekan lalu, Deputi Perdana Menteri UEA, Seikh Mansour bin Zayed Al Nahyan, meluncurkan program robotik di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi di seluruh negeri. Tujuannya untuk menunjang pengaplikasian teknologi kendaraan autopilot.