Dua Bank Tiongkok Siap Serap Obligasi Rp50 Triliun BUMN Konstruksi

Jakarta: BUMN konstruksi akan menerbitkan surat utang (obligasi) senilai Rp50 triliun pada akhir Agustus 2015.

“Surat utang tersebut akan diserap oleh Industrial and Commercial Banking of China (ICBC) dan China Development Bank (CBD),” ungkap Menteri BUMN Rini Soemarno, di Jakarta, Kamis (7/5/2015).

Rini mengatakan, aksi korporasi tersebut dapat dilaksanakan oleh konsorsium BUMN konstruksi dibandingkan masing-masing badan usaha milik negara (BUMN).

Sebelumnya, ia mengatakan PT Hutama Karya, PT Waskita Karya, PT Jasa Marga, dan PT Wijaya Karya tergabung dalam konsorsium BUMN untuk pengerjaan proyek jalan tol Trans Sumatera.

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Konstruksi, dan Jasa Lainnya Gatot Trihargo sedang mengkaji skema penerbitan obligasi tersebut. Adapun, penjamin pelaksana emisi obligasi ini dilaksanakan Bahana Securities.

Dana hasil penerbitan obligasi untuk kebutuhan megaproyek jalan tol Trans Sumatera sepanjang 342 km (kilometer) yang ditargetkan selesai pada Juni 2018.

Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro menambahkan Kementerian BUMN telah mengirimkan surat untuk revisi peraturan pemerintah tentang penugasan jalan tol trans Sumatera kepada Kementerian Hukum dan HAM.
AHL

Sumber : metrotvnews.com