Empat tahun seusai kehadirannya kamera profesional jenis EOS-1DX, Canon melahirkan penggantinya yang bernama EOS-1DX Mark II.

Kamera terbaru tersebut disaat ini telah resmi mengikuti pasaran Indonesia melalui kompetisi peluncuran yang digelar di Jakarta oleh PT.Datascrip sebagai penyuplai tunggal kamera Canon di Indonesia, pada hari Sabtu kemarin.

Canon EOS-1DX Mark II direncanakan mulai tersedia pada bulan Mei mendatang dengan banderol Rp 82.500.000 (body only). Pihak Datascrip menargetkan akan menjual 150 unit EOS-1DX Mark II sepanjang tahun 2016.

Direktur Divisi Canon PT Datascrip, “Merry Harun”, mengutarakan bahwa, Canon EOS-1DX Mark II ditargetkan bagi para profesional yang membutuhkan kecepatan dan ketangguhan dari sebuah kamera.

“Tujuannya fotografer yang memang running di highspeed, contohnya untuk bidang sport, juga para jurnalis,” ujar Merry ketika ditemui usai acara peluncuran.

Sebagai DSLR kelas berpengalaman yang menempati urutan teratas dalam hierarki produk kamera Canon, EOS-1DX Mark II dibekali dengan berbagai macam teknologi tebaru dari pabrikan Jepang tersebut.

hasil-kamera-canon-dslr-pro-terbaru

EOS-1DX Mark II punyai sensor full-frame 20,2 megapiksel yang digabungkan dengan chip pengolah gambar Digic 6+. Sistem autofokusnya memiliki 61 titik, 41 di antaranya merupakan jenis cross-type.

Seleaps dengan peranannya untuk menjepret aksi cepat, kamera ini miliki burst rate sangat tinggi, mencapai 14 FPS untuk pemotretan dengan viewfinder atau 16 FPS untuk pemotretan dengan live view.

Canon turut menanamkan kemampuan merekam video 4K 60p dengan continuous autofocus berkat teknologi Dual-Pixel AF. Tiap frame dari video 4K bisa diambil menjadi still picture JPEG dengan resolusi 8,8 megapiksel dengan fitur frame grab.

Unit shutter EOS-1DX mark II didesain kuat dengan actuation rating 400.000 kali jepret. Tubuh kamera ini terbuat dari magnesium alloy dan sanggup menahan cipratan air serta debu layaknya kamera profesional.