DPR Langsung Gelar Paripurna Badrodin Haiti Sore Ini

Jakarta: Badan Musyawarah DPR langsung menggelar rapat usai Komisi III DPR menyetujui pencalonan Komjen Badrodin Haiti jadi Kapolri. Bahkan DPR menggelar rapat paripurna persetujuan sore ini.

“Hasil Bamus, rapat paripurna sekitar jam 3 ini. Mungkin agak sedikit terlambat untuk kuorum anggota,” kata Wakil Ketua DPR Fadli Zon kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/4/2015).

Fadli menjelaskan, paripurna kali ini hanya satu agenda, yaitu mendengar hasil serta laporan uji kelayakan dan kepatutan Komisi III. Dia mengatakan, dalam laporan itu tidak ada agenda membahas pembatalan Komjen Pol Budi Gunawan.

“Itu sudah inheren dengan hasil rapat konsultasi. Penjelasan Presiden Joko Widodo sudah cukup,” tukas dia.

Lebih dari itu, pihaknya akan segera mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo. Ia berharap Badrodin langsung dilantik oleh presiden, paling lambat besok. Pasalnya, dalam peringatan Konferensi Asia Afrika yang ke-60 nanti, Indonesia harus sudah mempunyai kapolri definitif.

Sementara Ketua Komisi III Aziz Syamsuddin mengatakan jika paripurna digelar hari ini, tentunya Presiden dapat segera melantik Badrodin.

“Kalau paripurna hari ini dan disepakati (dalam Bamus), pimpinan DPR kirim surat ke Presiden. Pelantikan bisa malam ini atau jumat, itu kewenangan presiden,” kata dia.

Terkait dengan pembatalan pelantikan Komjen Budi Gunawan, Aziz menjelaskan, Komisi III telah meminta Bamus untuk menetapkan pembatalan surat persetujuan BG jadi Kapolri.

“Di bamus akan kita minta dicabut. Saat pengesahan Badrodin, juga kita cabut persetujuan Budi Gunawan,” tegas politikus Golkar itu.
KRI

Sumber : metrotvnews.com