Divonis 6 Tahun Penjara, Kuasa Hukum Sebut Machfud Suroso Hanya Korban

Jakarta: Bos PT Dutasari Citra Laras Machfud Suroso, divonis hakim bersalah dalam kasus korupsi proyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olah Raga Nasional (P3SON) Hambalang. Mahfud divonis enam tahun pidana kurungan.

Atas putusan itu, Kuasa Hukum Machfud, Syaiful Ahmad Dinar menyebutkan bahwa kliennya hanyalah korban dalam kasus tersebut.

“Machfud Suroso ini korban. Anda sebagai kontraktor ya supaya anda dapat proyek apapun juga saudara harus ikuti kemauan dari orang yang memberi proyek,” ujar Syaiful usai persidangan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Selatan, Rabu (1/4/2015).

Menurutnya, selama ini KPK salah dalam menetapkan seseorang sebagai pelaku tindak pidana korupsi. Ia menjelaskan, orang seperti Machfud Suroso ini bukanlah pelaku utama kasus korupsi, melainkan adanya pihak lain yang mengarahkan Mahfud hingga terjerat kasus korupsi.

“Yang saya ingin katakan, korupsi-korupsi yang terjadi beberapa kali saya menangani perkara di KPK ini, bukan pelakunya yang tertangkap sesungguhnya. Ada yang mengatur,” jelas Syaiful.

Meski demikian, Syaiful mengaku tetap menghormati proses hukum yang telah berjalan. Ia pun meminta KPK agar bisa mengungkap pelaku utama kasus korupsi yang sebenarnya, bukan orang-orang yang bekerja di bawah mereka.

“Ya, kita harapkan proses penegakan hukum itu berjalan fair, siapa yang dalang dari otak terjadinya tindak pidana korupsi ini,” kata Syaiful.

LOV

Sumber : metrotvnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here