Dalam ajang MWC 2017, Nokia berencana untuk meluncurkan beberapa smartphone android teranyarnya yang dinamainya dengan Nokia 5. Ponsel ini telah dipasarkan di China dan kabarnya akan dirilis di Indonesia dengan harga yang jauh lebih mahal.

Smartphone ini dirancang dengan layar sentuh berdimensi 5.2 inci yang memiliki resolusi HD 720 x 1280 pixels. Layar tersebut mengadopsi panel In-Plane Switching (IPS) dan layar lengkung 2.5D Curved Glass Screen yang mampu memaksimalkan tampilan layarnya. Ponsel ini juga dibalut menggunakan lapisan kaca Corning Gorilla Glass 3 yang mampu memproteksinya dari goresan maupun benturan.

Smartphone Nokia 5 didesain dengan balutan frame metal sehingga menjadikannya tampak premium. Tak menutup kemungkinan, Nokia memperlengkapinya dengan fitur Fingerprint Sensor yang mampu mengoptimalkan keamanan semua data yang terdapat di dalam smartphone ini.

Beralih ke sektor dapur pacunya, Nokia 5 dipersenjatai dengan chipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 yang dikolaborasikan dengan delapan inti processor berkecepatan Octa Core 1.4 Ghz Cortex-A53 dan disempurnakan dengan pengolah grafis yang mumpuni dari GPU Adreno 505. Penggunaan Chipset serta processornya pada smartphone ini sama dengan apa yang dibekali pada Nokia 6.

Tapinya sayang, Nokia membekali smartphone ini dengan kapasitas RAM serta memori internal yang lebih kecil dari pendahulunya, yakni RAM 2GB dan memori internal 16GB. Terbenam pula slot microSD yang memberikan kemudahan kepada para penggunanya untuk memperluas ruangan penyimpanannya hingga maksimal 256GB.

Dibekali Nougat 7.0, Nokia 5 Bakal Mejeng di MWC 2017 1

Spesifikasi Nokia 5 di bagian dapur pacunya memang terbilang standar, bahkan hampir menyerupai Xiaomi Redmi 4 yang banderolnya lebih murah dibandingkan dengan Nokia 5. Tapinya, smartphone ini tetap mengandalkan sistem Android terbaru Nougat 7.0 yang disempurnakan dengan antarmuka buatan Nokia.

Sejauh ini, belum ada informasi terkait kapasitas baterai yang dimiliki pada smartphone ini. Namun yang pasti, Nokia telah mempersenjatainya dengan teknologi Fast Charging, sehingga proses pengisian daya baterainya bisa lebih cepat.

Untuk memenuhi kebutuhan penggunanya dalam hal fotografi, Nokia 5 dibenami dengan kamera belakang berkekuatan 13 megapixels yang disempurnakan dengan fitur LED Flash serta Autofocus, sehingga mampu menghasilkan foto yang tajam, jernih dan berkualitas.

Kamera tersebut juga dibekali dengan kemampuan merekam video yang resolusinya Full HD [email protected] dan ditunjang dengan fitur pendukung lainnya seperti touch focus, HDR, Geo-tagging, panorama, dan juga face detection.

Sementara pada bagian depannya, terbenam kamera berkekuatan 5 megapixel yang dapat diandalkan untuk foto selfie dan video call dengan hasil yang jernih dan tajam. Kemampuan akses video call pada smartphone ini ditunjang dengan hadirnya teknologi 4G LTE yang mampu menjamin akses internetnya dengan cepat dan lancar.

Untuk di sektor konektivitasnya sendiri, Nokia 5 dibekali dengan beragam fitur yang cukup standar, tapinya sudah lebih dari cukup untuk menunjang kebutuhan komunikasi bagi setiap penggunanya. Terbenam fitur Dual Sim, Bluetooth, port MicroUSB 2.0, WiFi, dan juga GPS. Yang sangat disayangkan adalah smartphone ini tidak dibekali dengan fitur NFC dan USB Type-C.

Untuk harga Nokia 5 sendiri, sampai saat ini belum dapat dipastikan keakuratannya. Tapinya, berdasarkan kabar yang ada, smartphone ini bakal dilego dengan banderol USD$200 atau dikisaran Rp 2 juta keatas. Dengan kata lain, harga ponsel ini lebih mahal apabila dibandingkan dengan perangkat ponsel murah lainnya buatan Xiaomi, Huawei, maupun vendor lainnya.