Serie A Italia – Usai melakoni lebih dari separuh musim tanpa mendulang satupun kemenangan, kesebelasan Delfino Pescara pun menetapkan untuk menghentikan kerja sama dengan sang juru raciknya. Meskipun sukses mengantarkan Delfini menyabet gelar juara di kompetisi kasta kedua di negeri Spaghetti, ia sesungguhnya diharapkan bisa terus menjadi nahkoda skuat lumba-lumba itu. Tapi, sepertinya dengan deretan rapor yang kurang maksimal, pada akhirnya eks pemain belakang AC Milan tersebut dipaksa untuk angkat koper dari Adriatico.

Padahal, satu hari sebelumnya, pejabat klub sempat mengadakan pertemuan untuk mendiskusikan masa depan Massimo Oddo, sang juru racik Delfini. Dan, titik temu rapat itu pun memeberikan hasil bahwa Oddo akan tetap bertahan sebagai manajer. Setelah diskusi dan evaluasi yang panjang, Delfino Pescara 1936 telah menentukan hasil bulat untuk meneruskan masa kepemimpinan Massimo Oddo dan staf kepelatihannya. Dan latihan akan kembali diteruskan pada hari selanjutnya dalam keadaan tertutup.

Massimo Oddo (Pescara)

Sesungguhnya, pejabat Delfini sedang didesak oleh para fans untuk mendepak Oddo. Saat ini, Oddo pun resmi meninggalkan pekerjaan yang sudah ia lakoni sejak tahun 2015 silam. Setelah diskusi tambahan antara Presiden Daniele Sebastini dan manajer Massimo Oddo dan disaksikan direktur olahraga Luca Leone, dengan tanpa mengurangi rasa hormat ditetapkanlah untuk melepas posisi kepelatihan dari Oddo, bersama dengan asistennya Marcello Donatelli.

Saat ini, latihan Pescara dikomandoi oleh juru taktik temporernya, yakni Luciano Zauri. Tapi, sejumlah nama sudah diisukan untuk menjadi juru taktik selanjutnya. Dan, nama yang paling memiliki prospek dihubungkan dengan Pescara pun tidak terdengar asing, baik itu bagi kesebelasan lumba-lumba maupun persepakbolaan Italia. Ia adalah tokoh pelatih senior Zdenek Zeman.

Sebelumnya, Zeman pernah membimbing skuat Delfini pada musim 2011/12. Meski hanya bertahan semusim, Zeman sukses mempersembahkan titel juara kompetisi kasta kedua di Italia. Semasa kepelatihannya, dia pun ikut membuahkan pemain bintang yang saat ini tengah bersinar di sepakbola Eropa seperti Ciro Immobile, Marco Verratti, dan Lorenzo Insigne. Walaupun hanya bertahan semusim karena kontraknya yang tidak dilanjutkan, Zeman berhasil menanamkan citra Pescara sebagai salah satu penerbit pemain muda potensial.

Zeman pun kini dirumorkan tinggal selangkah lagi untuk kembali menaungi Delfini. Seperti yang disampaikan Gazza Mercato, pihak kesebelasan dan calon sang juru racik sudah menemukan titik temu. Kontrak hingga 2018 sudah disiapkan untuk Zeman dengan tanggung jawab untuk menyiapkan skuatnya di kompetisi kasta kedua Italia untuk kembali merumput di Serie A pada musim selanjutnya. Ini tentu karena Pescara sudah sangat sulit untuk bertahan dan lebih fokus untuk melanjutkan musim berikutnya.

Mengenai pengalaman, Zeman tentu tidak perlu diragukan lagi. Walaupun dinilai terlambat dan akan sukar bagi Zeman untuk bisa menolong Delfini dari area degradasi, menunjuk manajer yang berpengalaman tentu bisa menjadi solusi yang baik demi menolong masa depan kesebelasan agar lebih siap melakoni musim-musim selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here