Ada sebagian masyarakat yang tidak suka dengan dua produk Datsun yang belum lama diluncurkannya, yakni Go+ dan Datsun Go. Tidak hanya dibilang menggunakan material yang kurang bagus, dapur pacunya pun dinilai kurang berkualitas.

Meskipun demikian, hal tersebut tak membenamkan hasrat puluhan ribu konsumen di Tanah Air untuk memiliki mobil tersebut. Dibanderol dengan harga miring dan desainnya yang berkelas merupakan dua nilai plus yang dimiliki oleh kedua tipe mobil tersebut.

Baru-baru ini, mencuat kabar yang menyebutkan bahwa pihak Datsun bakal melepas mesin berkapasitas 1,200cc yang sebelumnya tersemat pada mobil itu dan menggantinya dengan mengandalkan mesin berkapasitas 1.000cc.
Meskipun terbilang lebih kecil dari yang sebelumnya, tapi tenaga yang dihasilkan tak jauh berbeda, sebelumnya 68 daya kuda, setelah dilakukan modifikasi menjadi 65 daya kuda. Mesin baru yang bakal dibekali pada Datsun Go dan Go+ dipasok oleh Renault.

Memang, produsen mobil Datsun, yakni Nissan sudah melakukan kerjasama dengan Renault terkait hal tersebut. Kabarnya, mesin 1000cc yang bakal dipakai, sangat serupa dengan apa yang disematkan di Renault Kwid SCe.
Penggunaan mesin tiga silinder tersebut dipilih Datsun karena biaya pembuatan mesin 1.000cc lebih rendah jika dibandingkan dengan mesin 1.200cc. Selain itu, ada beberapa komponen lainnya yang masih harus didatangkan dari luar negeri.

Dengan mengenakan mesin yang kapasitasnya lebih kecil, tentunya Datsun GO bakal dibanderol lebih murah. Memang benar, tapi itu hanya berlaku untuk mobil yang diproduksi dan dipasarkan di India saja.