Duduk berlama-lama di depan layar komputer bersahaja dilakukan para pekerja kantoran. Nah, agar kegiatan rutin ini tak menimbulkan masalah, ada saran yang perlu diperhatikan. Duduk terlalu lama bisa menyebabkan punggung terasa sakit sehingga mengganggu pekerjaan. Spesialis kedokteran olahraga, dr Ade Tobing, SpKO, memberikan sarannya.

Maka dari itu, posisi duduk tidak boleh membongkok harus tegak lurus supaya tulang belakang tidak mengalami pemampatan. Lalu, jarak antara layar juga cukup 30 sentimeter saja,” kata dr Ade beberapa waktu lalu.

Jikalau posisi duduk yang salah berjalan lama maka dapat mengakibatkan kelainan pada tulang belakang. Kalainan inilah yang dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit seperti penyempitan saraf dan neuropati atau gangguan kerusakan saraf tepi.

Selain itu, dr Ade juga menyarankan untuk melakukan stretching atau peregangan pada tubuh. Cara ini dapat membantu otot Anda untuk menjadi lebih relaks.

“Cukup dengan menggerakan tubuh kita ke kiri dan kanan, kemudian naikkan bahu dan lakukan stretching bisep. Setiap gerakan tahan minimal delapan hitungan,” tambah dr Ade.

Sebagian orang yang merasa pegal umumnya kemudian membunyikan sendinya. Padahal ini merupakan kebiasaan yang salah dan bisa memicu osteoarthritis atau pengapuran sendi.

“Jikalau peregangan tidak boleh dibunyikan, tapinya gerakkan secara pelan-pelan. Membunyikan tulang bisa mendampakkan “osteoarthritis” atau pengapuran karena dibangkitkan terus sehingga memicu masalah pada saraf,” pungkas dr Ade.