Dampak Mengonsumsi Obat Penghilang Nyeri Haid

Jakarta: Nyeri saat haid menjadi masalah umum yang sering dialami wanita. Dan, obat penghilang rasa sakit menjadi penyelamat.

Keuntungan ketika menelan obat penghilang nyeri haid tentu saja rasa sakit akan hilang. Namun, ternyata obat tersebut memiliki efek jangka panjang.

Berikut fakta tentang penggunaan obat penghilang rasa sakit selama menstruasi.

1. Memperlambat aliran darah
Beberapa ahli kesehatan mengakui aliran darah melambat ketika Anda mengosumsi ibuprofen, sejenis obat yang tergolong dalam kelompok antiperadangan. Saat menstruasi, Anda kehilangan banyak darah, tapi melambatnya aliran darah dapat membuat Anda lebih nyaman.

2. Mengurangi kram
Beberapa pil pereda sakit dapat membantu mengontrol kram yang terjadi selama menstruasi. Meski itu tak berlaku untuk setiap orang, ini mungkin akan bereaksi pada beebrapa orang. Jika Anda menderita kram yang luar biasa, Anda perlu meminta resep obat penghilang rasa sakit dari dokter. Ingat, obat penghilang rasa sakit membuat Anda menjadi ketergantungan. Jadi, sebaiknya hanya gunakan itu sebagai upaya terakhir.

3. Tidak dapat mengobati setiap rasa sakit
Anda mungkin melihat obat penghilang rasa sakit khusus untuk daerah-daerah tertentu, namun para ahli mengatakan bahwa obat itu tidak dapat digunakan untuk menghilangkan berbagai jenis nyeri. Jadi, sebaiknya jangan terlalu bergantung dengan obat penghilang rasa sakit yang dikhususkan untuk haid.

4. Bisa memperburuk rasa sakit
Beberapa obat dapat membantu mengurangi rasa sakit Anda, namun penelitian menunjukkan beberapa obat penghilang rasa sakit justru dapat memperparah rasa sakit. Cobalah untuk menggunakan metode lain tanpa harus minum obat. Misalnya, minum air panas atau mandi air hangat. Setidaknya itu akan membuat perut Anda nyaman.

5. Risiko jangka panjang
Penelitian mengungkapkan bahwa sering menelan pil penghilang rasa sakit saat haid dipercaya meningkatkan risiko penyakit ginjal, hati, dan masalah jantung. Hal ini disebabkan oleh penggunaan yang terlalu sering. Jadi, pastikan Anda tidak terlalu bergantung dengan obat penghilang nyeri haid.

6. Ada pilihan lain
Jika Anda tidak bisa menahan rasa sakit saat haid, masih ada harapan lain selain menenggak obat penghilang rasa sakit.  Akupuntur, relaksasi, dan yoga adalah beberapa pengobatan alternatif yang cukup membantu. (Ningtriasi/Allwomenstalk)
ROS

Sumber : metrotvnews.com