Striker tim nasional Brasil Neymar dipastikan hanya mengikuti satu kompetisi saja pada musim panas ini yaitu Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro. Neymar tidak akan mengikuti Copa Amerika Centenario kompetisi khusus untuk memperingati 100 tahun turnamen itu.

Pernyataan ini diungkapkan oleh Barcelona yang megirimkan surat rasa terima kasihnya kepada Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) karena tak memaksakan Neymar tampil di dua turnamen beruntun.

“FC Barcelona mengucapkan rasa terima kasih kepada Confederasi Sepak Bola Brasil dan presidennya Marco Polo del Nero karena telah menerima usulan klub agar Neymar Jr hanya bermain di Olimpiade Musim Panas di Rio de Janeiro yang digelar pada 3-21 Agustus, dan bukan Copa America di Amerika Serikat dari 3-26 Juni,” demikian bunyi pernyataan resmi Barcelona.

Olimpiade sendiri tak masuk ke dalam kalender resmi FIFA, sehingga klub tak harus diwajibkan untuk melepas pemainnya jika diminta oleh negara asal pemain. Namun, Barcelona harus melepas Neymar ke Copa America seandainya ia diminta oleh Brasil karena masuk dalam agenda resmi.

Saat ini situs resmi Copa America telah mencopot seluruh bahan promosi tepaut Neymar dan menggantinya dengan sosok David Luiz dan Kaka.

Brasil sendiri belum pernah sekalipun memenangi satu pun medali emas Olimpiade di cabang olahraga sepak bola. Empat tahun lalu, Brasil yang diperkuat Neymar hanya mendapatkan medali perak setelah kalah dari Meksiko di parta final di Stadion Wembley.

Masing-masing negara akan memberikan skuat timnas U-23 untuk Olimpiade, sehingga dengan Neymar yang kini telah 24 tahun, ia akan mengisi satu dari tiga slot yang diperuntukkan untuk pemain senior.

Partai final Olimpiade 2016 akan diselenggarakan di stadion kebangaan Brasil, Maracana, dan tim Samba bertekad untuk merebut medali emas di hadapan pendukungnya sendiri.