Circuit Log Viewer, Parameter Tepat untuk Tingkatkan Skill Balap

Jakarta: Pada ajang Yamaha Sunday Race R Cup Series, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengenalkan alat bernama Circuit Log Viewer (CLV). Alat ini berfungsi sebagai perekam data kondisi motor hingga mengetahui keselahan pembalap saat berada di tengah trek.

Alat yang dikembangkan sendiri oleh YIMM ini, dilengkapi dengan berbagai sensor. Mulai dari sensor rem depan-belakang, sensor travel suspensi depan-belakang, sensor sudut kemiringan motor yang tergabung dengan sensor sudut geser setang (kemudi) dan GPS.

“Jadi pembalap bisa tahu titik pengeremannya terlalu jauh, kecepatan di bagian sirkuit tertentu kurang cepat atau bagaimana, racing line-nya sudah bagus atau belum. Jadi pembalap bisa mengetahui kesalahannya,” papar Muhammad Abidin, GM Aftersales and Motorsport YIMM.

Semua sensor yang terpasang pada motor, kemudian mengirimkan data-datanya ke bagian pusat sensor-sensor tadi yang berada di balik jok. “Semua data tadi terekam di memory card, nah memori ini yang bisa dilihat hasilnya melalui komputer,” sambung Abidin.

Dengan hasil yang terlihat pada layar komputer, pembalap tidak bisa mengelak ketika CLV menunjukkan kekurangannya. “Karena selama ini mekanik nurut saja pembalapnya bilang kurang ini dan kurang itu, padahal bisa saja pembalapnya yang salah sewaktu di trek.”

Saat ini Yamaha baru memiliki lima unit CLV, namun dalam beberapa waktu kedepan akan dibuat sebanyak 25 unit untuk dipinjamkan kepada komunitas Yamaha R Series untuk event tertentu seperti trackday.

Sistem ini cara kerjanya sama persis dengan sensor data telemetry di ajang balap MotoGP. Sehingga para pembalap dan tim bisa tahu dimana letak kekurangan pada motor atau gaya balap yang tidak sesuai dengan karakter motor.

UDA

Sumber : metrotvnews.com