Cara untuk Daftar PPDB Online dengan Mudah

DUAKALI.COM, Telah resmi dibuka hari ini, 15 Juni 2015 untuk pendaftaran Peserta Didik baru atau PPDB Online 2015. Siswa SMP yang hendak masuk ke SMA atau SMK idamannya akan melalui seleksi secara online. Proses ini telah diberlakukan secara nasional. Caranya mudah karena tinggal mengakses ke website sekolah.

Cara umum mendaftar PPDB Online tidak rumit dan sama untuk berbagai daerah. Sebagai contoh untuk PPDB Online di Jakarta, proses pertama yang perlu dilakukan adalah memasukkan semua data yang diminta ke laman sekolah masing-masing. Untuk wilayah Jakarta dapat masuk ke alamat http://jakarta.siap-ppdb.com. Setelah semua data diisi, pendaftar akan memperoleh tanda bukti yang bisa dicetak terhadap pengajuan akun di laman tersebut.

Pendaftar juga harus menyiapkan semua berkas pesyaratan yang ditentukan oleh masing-masing sekolah yang dituju. Umumnya berkas yang diminta adalah SKHUN SMP / SMPLB / Mts/, lalu Daftar Nilai Ujian Nasional (DNUN) paket. Kalau ijazah belum turun, pendaftar dapat membawa daftar nilai yang telah dilegalisasi oleh pihak sekolah. Siapkan pula akte kelahiran dan kartu keluarga (KK).

Sembari menunggu pihak sekolah menerima berkas dan melakukan verifikasi, pendaftar akan diberikan bukti valid verifikasi dan token. Token aktivasi ini dapat dimasukkan melalui laman online PPDB. Selanjutnya pendaftar diminta membuat PIN atau personal identification number).

PIN berguna agar pendaftar bisa memilih sekolah secara online. Setelah memilih, akan diberik tanda bukti pendaftaran online. Pendaftar juha bisa melihat hasil seleksi online. Jika diterima, pendaftar tinggal melaporkan diri. Jika tidak lolos, pendaftar dapat memilih sekolah lain lewat jalur lokal tanpa verifikasi. Demikian seperti dilansir dari sidomi.com