Untuk mengatasi batuk pada anak, setiap orang tua dianjurkan untuk memilih obat batu tradisional yang lebih aman dan tidak menyebabkan efek samping lainnya. Meskipun mengasup obat batuk alami membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengatasinya, tapinya cara ini terbukti keampuhannya dalam menyembuhkan batuk pada anak.

Anak-anak di usia balita memang sangat rentan sekali mengalami beragam penyakit. Hal itu memang sangat lumrah, pasalnya di usia tersebut, sistem imunitas di dalam tubuh mereka belumlah sempurna layaknya pada orang dewasa.

Beragam jenis bakteri dan virus penyebab penyakit dapat dengan mudah memicu timbulnya sejumlah masalah kesehatan pada anak. Salah satunya adalah bakteri dan virus pemicu batuk. Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai obat batu anak dua 2 tahun yang dapat diberikan, sehingga batuk dapat teratasi tanpa menimbulkan efek samping lainnya.

Selain lebih aman, mengasup obat-obatan tradisional juga akan menghemat pengeluaran anda untuk membeli obat batu anak yang ada di pasaran yang harganya juga terbilang tidak murah. Memang banyak anak yang tidak suka dengan rasa obat tradisional ini jika dibandingkan dengan obat-obatan yang dijual di pasaran. Namun terkadang, justru obat-obatan kimia yang dibeli di luar dapat menyebabkan masalah kesehatan lain apabila takaran dan dosisnya tidak sesuai.

Oleh karena itu, untuk meluputkan masalah batuk pada anak, sebaiknya manfaatkan bahan-bahan alami yang sudah terbukti keampuhannya sebagai obat batuk anak. Dibawah ini adalah beberapa bahan-bahan alami yang mampu menyembuhkan batuk pada anak.

1. Campuran jeruk nipis dan madu

Salah satu obat batu anak yang terbukti kemanjurannya adalah campuran jeruk nipis dan madu. Seperti yang telah kita ketahui, madu merupakan bahan alami yang didalamnya menyimpan nutrisi yang lengkap sehingga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Sementara jeruk nipis mampu mengatasi masalah peradangan dan infeksi.

Cara meramunya pun cukup mudah, anda hanya perlu menyediakan 1,5 sendok makan air jeruk nipis serta 4 sendok madu. Campurkan kedua bahan tersebut menggunakan 5 sendok makan air yang sudah matang. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya berikan obat batuk anak ini sebanyak 3 kali sehari dengan takaran 1 sendok makan. Cara ini hanya dianjurkan bagi anak di usia 2 tahun ke atas saja.

2. Bunga Belimbing wuluh

Bunga belimbing wuluh juga dapat dimanfaatkan untuk meluputkan masalah batuk pada anak. Belimbing wuluh sendiri bentuknya menyerupai belimbing berukuran kecil dan biasanya digunakan sebagai campuran olahan masakan. Meskipun memiliki rasa yang asam, tapinya bahan alami yang satu ini terbukti keampuhannya dalam mengatasi batuk pada anak.

Caranya, ambillah segenggam bunga belimbing wuluh, 1 siung bawang merah, 1 sendok gula batu, dan juga setengah gelas air yang sudah masak. Terlebih dulu, potong bawang mewah yang telah dikupas menjadi empat bagian. Campurkan semua bahan yang telah disiapkan, lalu tambahkan parutan biji pala. Rebuslah hingga mendidih, saring airnya dan berikan pada anak anda.

Tidak hanya mengandalkan bahan-bahan alami tersebut, untuk meluputkan batuk pada anak dengan hasil yang maksimal, berikan anak anda minum dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya. Cara tersebut mampu mengencerkan lendir pada tenggorokannya jika batuk yang dideritanya adalah batuk berdahak.

Disamping itu, pastikan juga anak anda memiliki waktu istirahat yang maksimal. Untuk itu, luangkanlah waktu anda untuk menemaninya dan mengajaknya tidur siang ketika anak anda sedang batuk, sehingga masalah batuk pada anak cepat teratasi dengan hasil yang optimal.