Cara Tepat Memilih Durian untuk Berbuka Puasa

DUAKALI.COM, Bagi para pecinta buah yang satu ini tentunya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan untuk berburu durian, tetapi tahukah cara mengetahui durian yang sudah matang betul?

Sebuah tempat jajanan durian khas Medan yang bernama Ucok Durian memberikan tips untuk memilih durian yang tepat untuk Anda beli, bukan hanya melihat dari warna durian yang bagus, tetapi ada tips khusus untuk mengetahui durian yang sudah matang.

Seperti dilansir dari antara, warna durian belum tentu isi durian belum masak, Ucok Durian, Basit menjelaskan bahwa untuk mengetahui durian yang sudah masak, bisa dicium dari buahnya, jika aroma durian keluar dari buah tersebut, berarti durian sudah masak.

Selain itu perlu diketahui juga bahwa durian yang bagus jika di ketok-ketok berbunyi, kemungkinan besar buah tersebut bagus, dan juga ukuran buahnya terkadang juga mempengarhui isi durian. Belum tentu durian kecil isinya kecil dan tidak enak, banyak durian kecil yang isinya besar dan enak.

“Jika aroma durian tercium dari luar kulitnya dan masih segar itu berarti buah sudah masak,” kata Basit.

Kemudian durian perlu diketok-ketok kulitnya sebelum dibuka, jika agak berbunyi seperti ada rongga udara di dalamnya atau ‘kopong’, itu berarti dagingnya bagus, tebal.

Warnanya juga perlu diperhatikan, jika terlihat masih hijau muda, berarti belum terlalu masak, namun lebih lanjut ia menjelaskan warna tidak selalu bisa menjadi patokan.

Ukuran durian juga tidak bisa menjadi pertimbangan, durian kecil belum tentu dagingnya tipis dan tidak manis. Begitu pula sebaliknya, durian besar belum tentu manis dan tebal dagingnya, semuanya tergantung dari jenis durian juga.

“Banyak kok durian kecil tapi rasanya malah manis dan daging tebal,” katanya.

Namun, tidak semua cara-cara tersebut bisa dibuktikan 100 persen benar. Hanya saja cara biasanya seperti itu.

Butuh waktu atau pengalaman dalam memilih buah yang aromanya sangat menyengat tersebut.

Ucok merupakan salah satu tempat jajanan khas Medan yang menjual buah durian tanpa tergantung musim dan sepanjang tahun bisa menjual buah durian. Tempat tersebut juga melayani pembeli selama 24 jam. Jika dibawa untuk oleh-oleh melalui pesawat, butuh perlakuan khusus dalam membungkusnya.

“Bisa masuk pesawat, nanti buahnya akan diambil dan dimasukkan dalam toples serta dibungkus perekat, namun harus segera dimasukkan dalam pendingin setelah itu,” tutur Basit.