Salah satu cara untuk memutihkan kulit yang kerap dilakukan kaum wanita adalah dengan menggunakan produk-produk kecantikan yang berbanderol cukup mahal. Untuk mendapatkan kulit yang putih dan cantik, anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang sudah terbukti khasiatnya tanpa menimbulkan efek samping.

Salah satunya adalah dengan menggunakan kunyit. Seperti yang telah kita ketahui, kunyit menyimpan segudang manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan, diantaranya menghaluskan kulit, meluputkan masalah kembung dan perut mual, serta mengatasi korengan.

Pemutih kulit alami yang satu ini bisa anda jadikan sebagai masker sehingga membuat kulit anda lebih putih dan halus. Nah, dibawah ini akan dibahas bagaimana cara membuat masker kunyit sebagai salah satu cara memutihkan kulit secara alami. Yuk simak ulasannya dibawah ini.

1. Kunyit dan madu

Tips memutihkan kulit yang pertama ialah dengan memanfaatkan campuran kunyit dan madu. Caranya pun sangatlah mudah, haluskan kunyit secukupnya setelah dicuci bersih, lalu tambahkan 1 sendok madu. Apabila kedua bahan tersebut sudah tercampur rata, anda tinggal membalutkannya ke bagian wajah dan badan anda. Biarkan sampai 20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Anda bisa melakukan cara ini secara teratur setiap harinya untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2. Kunyit dan susu bubuk

Selain memiliki rasa yang nikmat dan menyimpan segudang vitamin, tapinya susu bubuk juga dapat dimanfaatkan untuk memutihkan kulit, yakni dengan cara mencampurnya menggunakan kunyit. Dalam hal ini, anda perlu menghaluskan kunyit setelah dicuci sampai bersih, kemudian campurkan dengan air dan susu bubuk.

Apabila ketiga bahan tersebut sudah tercampur secara merata, maka anda bisa langsung membalutkannya pada bagian wajah dan tubuh anda. Diamkan sampai 25 menit, kemudian bilas menggunakan air besih. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur.

3. Kunyit dan air mawar

Cara alami untuk memutihkan kulit selanjutnya adalah dengan memanfaatkan campuran kunyit dan air mawar. Dalam penggunaanya, haluskan kunyit beberapa batang, kemudian campurkan dengan 2 sendok air mawar. Aduklah sampai kedua bahan tersebut tercampur dengan rata.

Setelah itu, anda bisa langsung membalutkannya pada wajah dan tubuh anda. Diamkan sejenak sampai 20 menit dan bilas sampai bersih. Perlu kita ketahui, air mawar bermanfaatkan untuk memberikan efek yang menenangkan dan menyegarkan pada kulit, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai campuran masker kunyit.

4. Kunyit dan Mustard Oil

Cara memutihkan kulit yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan campuran kunyit dan juga mustard oil. Perlu kita ketahui, mustard oil memiliki khasiat untuk menghaluskan serta melembabkan kulit, sehingga sangat cocok apabila dijadikan sebagai masker wajah alami.

Dalam pembuatannya, anda hanya perlu mencampurkan kunyit yang telah dihaluskan dengan mustard oil yang perbandingannya sebesar 1:1. Setelah tercampur rata, balutkanlah pada bagian wajah dan tubuh anda. Diamkan sampai mengering selama 25 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

5. Kunyit dan kayu cendana

Untuk memutihkan kulit, anda juga bisa memanfaatkan campuran dua bahan alami, yakni kunyit dan kayu cendana. Siapkan beberapa batang kunyit dan ¼ sendok makan kayu cendana dalam bentuk bubuk. Haluskan kunyit terlebih dulu, kemudian tambahkan dengan bubuk kayu cendana. Aduklah sampai tercampur dengan merata.

Setelah itu, balutkan campuran bahan alami tersebut pada bagian wajah dan tubuh anda, kemudian diamkan sampai 25 menit. Anda bisa membuat masker alami ini dengan perbandingan 4:1 untuk kunyit dan kayu cendananya. Lakukan cara ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal.