yandex
Kesehatan

Cara Alami Tuk Mengatasi Asam Lambung Yang Tinggi

Asam lambung merupakan sebuah cairan pada organ lambung yang berperan untuk mencerna makanan yang diasup. Apabila asam lambung naik, maka perut akan terasa tidak nyaman dan membuat tubuh tidak fit. Sejatinya, asam lambung tak hanya dipicu oleh kebiasaan telat makan, melainkan juga disebabkan oleh mengkonsumsi makanan yang salah.

Saat asam lambung naik, maka anda harus melakukan cara mengobati asam lambung agar rasa sakit dan nyeri yang ditimbulkan bisa segera teratasi. Untuk mengobatinya, anda tidak harus selalu mengasup obat asam lambung dari dokter. Sebab, masih ada cara alami yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi asam lambung yang tinggi dengan cara alami.

1. Kunyit

Tak hanya dikenal sebagai bumbu dapur, kunyit juga diyakini sebagai obat alami asam lambung yang ampuh. Cara pengobatannya sangat sederhana, anda hanya perlu membuat ramuan dari perpaduan kunyit dan air. Jika mengasup ramuan kunyit ini dirasa terlalu berat, anda bisa juga mengkonsumsi santapan yang didominasi dengan kunyit sebagai alternatifnya. Anda juga mencampurkan ramuan kunyit dengan madu murni secukupnya agar rasanya tidak terlalu pekat.

2. Lidah Buaya

Dr. Siepina, selaku ahli kesehatan dari University of Texas Medical Branch merekomendasikan untuk mengasup setengah gelas jeli lidah buah sebelum sarapan. Hal ini dikhususkan bagi mereka yang mengalami nyeri pada dada karena asam lambungnya naik.

lidah-buaya-untuk-maag

3. Permen Karet

Sebuah penelitian yang dilansir Journal of Dental Research menyebutkan bahwa mengasup permen karet dan mengunyahnya dalam waktu 30 menit seusai makan mampu mengatasi asam lambung yang tinggi. Menurut Rebecca Moazzez, seorang peneliti dari studi tersebut menyimpulkan bahwa mengunyah permen karet untuk jangka panjang akan merangsang pelepasan saliva di mulut. Dengan demikian, asam lambung yang terkumpul di dalam perut akan hilang lebih cepat.

4. Pisang

Seperti yang kita ketahui, manfaat buah pisang sangat beragam. Tidak hanya mampu memperlancar sistem pencernaa, mengasup pisang juga mampu mengatasi asam lambung yang tinggi. Pisang dapat berperan sebagai antasida alami yang bermanfaat sebagai pelapis dinding perut yang dapat menahan iritasi oleh asam lambung.

Meski demikian, anda harus memperhatikan jenis pisang yang akan dikonsumsi. Pasalnya, penderita penyakit asam lambung tidak bisa mengasup sembarang pisang sebagai pereda. Dalam beberapa kasus, beberapa jenis pisang, salah satunya pisang nangka justru akan memperparah rasa sakit pada lambung anda.

5. Bawang Putih

Salah satu cara alami untuk mengatasi asam lambung yang tinggi andalah dengan mengasup bawang putih. Didalamnya, jenis bumbu dapur yang satu ini mempunyai kandungan yang mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Penggunaannya mudah dan sederhana, anda hanya perlu memarut beberapa suing bawang putih, lalu campurkan dengan satu gelas air hangat.

6. Jahe

Penggunaan jahe sebagai cara alami mengatasi asam lambung yang tinggi harus diperhatikan dengan benar. Pasalnya, asam lambung dapat terobati dengan jahe apabila takaran yang digunakan pas. Idealnya, takaran yang tepat adalah 3 gram per harinya. Caranya sangat mudah dan simple, anda hanya perlu mencampurkan jahe sebagai bumbu masakan pada makanan-makanan yang akan menurunkan kadar asam lambung di dalam tubuh anda.

7. Apel

Apel merupakan salah satu jenis buah yang kaya manfaatnya untuk kesehatan, utamanya adalah untuk mengatasi asam lambung yang tinggi. Didalam tubuh, apel akan bekerja sama dengan enzim untuk mengontrol produksi asam lambung di dalam tubuh.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button