Gusi merupakan jaringan utama penyokong gigi yang di dalamnya terdiri dari pembuluh darah. Jika terjadi masalah pada gusi, maka akan timbul rasa teramat sakit dan juga dapat menyebabkan sakit kepala. Gusi yang mengalami pembengkakan menunjukan bahwa terjadi peradangan dalam gusi tersebut yang ditandai dengan warnanya yang lebih merah, terlihat lebih menonjol, dan terkadang akan muncul nanah apabila kondisinya sudah parah.

Biasanya, pembengkakan pada gusi dapat mempengaruhi bagian pipi, sehingga bisa membuat bentuk pipi tidak simetris dan tentunya sangat mengganggu penampilan dalam beraktivitas. Ada beberapa faktor yang memicu gusi yang membengkak, salah satunya adalah masuknya kuman ataupun bakteri yang menyebabkan peradangan pada gusi.

Kondisi tersebut pada dasarnya disebabkan oleh kebiasaan kurang menjaga kebersihan mulut dan gigi. Tak hanya itu saja, pembengkakan pada gusi juga bisa dipicu oleh kekurangan vitamin C, terlalu sering mengasup makanan manis, perubahan hormon bagi wanita di masa kehamilannya dan juga stress.

Tentunya, saat mengalami pembengkakan pada gusi, kondisi tersebut akan mengganggu kenyamanan anda dalam beraktivitas setiap harinya. Oleh sebab itu, anda harus bertindak cepat dalam meluputkan masalah pada gusi tersebut agar tidak bertambah parah. Dibawah ini adalah beberapa cara mengobati gusi bengkak secara alami yang bisa anda lakukan di rumah.

1. Air garam

Obat untuk gusi bengkak yang bisa anda manfaatkan ialah larutan air garam. Di dalamnya, garam mengandung natrium yang tinggi, sehingga sangat krusial untuk mengatasi peradangan pada gusi. Caranya pun sangat mudah dan sederhana, anda hanya perlu menyiapkan 1 gelas air hangat dan satu sendok teh garam. Aduk hingga tercampur rata, lalu gunakan larutan tersebut untuk berkumur. Lakukan cara ini sebanyak 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2. Mengasup vitamin C

Salah satu penyebab gusi bengkak adalah kurangnya asupan vitamin C di dalam tubuh. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengatasinya ialah dengan mengasup makanan yang kaya akan kandungan vitamin C. Anda dapat menemukan vitamin C dari beberapa jenis buah seperti tomat, kiwi, jeruk, manga, dan juga strawberry.

Selain itu, anda juga bisa meramu minuman dengan memanfaatkan jeruk lemon atau jeruk nipis untuk meluputkan masalah pembengkakan gusi. Caranya sangatlah mudah, anda hanya perlu memeras dua buah lemon untuk mendapatkan airnya dan campurkanlah dalam 1 gelas air hangat. Gunakan minuman tersebut untuk berkumur dan lakukan cara tersebut sebanyak 3 kali setiap harinya.

3. Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Bawang putih dikenal sebagai bahan alami yang berperan sebagai antibiotik alami dan mampu meredakan rasa sakit. Untuk mengatasi gusi bengkak menggunakan bawang putih, anda hanya perlu mengambil beberapa siung bawang putih, dan tumbuk hingga halus. Apabila sudah halus, balutkan pada bagian gusi anda yang bengkak.

4. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh dapat dimanfaatkan sebagai obat gusi bengkak yang ampuh. Pasalnya, cengkeh berkhasiat sebagai anti inflamasi serta anti bakteri sehingga sangat ampuh untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam penggunaannya, siapkan satu genggam cengkeh, kemudian tumbuk hingga halus dan campurkan sedikit minyak zaitun. Oleskan campuran tersebut pada bagian gusi anda yang bengkak. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lakukan cara ini 2 kali setiap harinya.