yandex
Tekno

Canon EOS 5D Mark IV Meluncur, Unggulkan sensor CMOS 30 MP

Setelah sukses dengan sejumlah produk kameranya, kini Canon kembali unjuk gigi. Kali ini, perusahaan asal Jepang itu resmi meluncurkan kamera anyarnya dengan mengusung nama Canon EOS 5D Mark IV. Kamera Canon terbaru ini siap untuk memenuhi kebutuhan para forografer professional dengan menghadirkan beragam fitur canggih dan berkualitas.

Pada kamera Canon anyar ini, terjadi perombakan yang cukup besar dari sektor prosesornya. Apabila dibandingkan dengan pendahulunya, yakni Canon EOS 5D Mark III, kamera ini mendapatkan peningkatan spesifikasi yang signifikan demi merebut hati para konsumennya.

Canon EOS 5D Mark IV disenjatai dengan sensor CMOS full frame 30 megapixel yang disokong dengan teknologi Dual Pixel AF yang dikolaborasikan dengan prosesor Canon DIGIC 6+. Dengan spesifikasi tersebut, menjadikan kamera ini mampu menghasilkan shutter speed 1/8.000 sampai 30 detik dan kecepatan flash sync 1/200 detik.

Teknologi Dual Pixel AF pada kamera ini sama dengan apa yang dimiliki Canon EOS-1D X Mark II, yang didukung dengan sistem autofokus 61 titik yang didalamnya terdiri dari 41 sensor cross-type. Dengan kemampuan tersebut, maka perangkat ini mampu merekam video dan menangkap gambar dengan lebih cepat.

Untuk menyempurnakan kemampuan autofocusnya, Canon EOS 5D Mark IV disenjatai dengan sensor metering anyar, yakni sensor 150.000 pixel GRB+IR. Dengan mengandalkan sensor tersebut, kamera ini mampu melacak subjek maupun mendeteksi wajah dengan kinerja yang lebih baik dari dimana pun dan dalam segala kondisi pencahayaan yang ada.

Tak hanya itu, kamera ini juga dibekali dengan kemampuan untuk memotret objek yang bergerak dengan hasil foto yang jernih dan tajam. Sensitivitas fokusnya pun tetap sempurna pada kondisi cahaya minimal sampai -3EV dan -4EV pada mode Live View.

Sistem metering yang dimiliki Canon EOS 5D Mark IV juga ditunjang oleh fitur EOS Scene Detection System yang punya kemampuan untuk mendeteksi serta merestitusi sumber cahaya yang berkedip, contohnya di kolam renang ataupun di gelanggang olahraga. Fitur ini secara otomatis bakal menyelaraskan rana kameranya supaya foto yang dihasilkan terjaga konsistensinya di setiap frame dengan warna total serta tingkat pencahayaannya yang pas, utamanya ketika menjepret objek dengan mode burst.

Beralih ke kemampuan merekam videonya, Canon EOS 5D Mark IV dapat diandalkan untuk perekaman video yang resolusinya mencapai 4K, yang didukung dengan fitur 4K Grab yang dapat difungsikan untuk merekam video dengan resolusi 8.8 megapiksel.

Guna menyempurnakan hasil jepretannya, Canon membenami kamera anyarnya dengan fitur Dual Pixel RAW yang disokong oleh teknologi Digital Lens Optimizer. Dengan mengusung teknologi tersebut, kamera ini mampu mereview hasil fotonya secara otomati, seperti menghilangkan efek blur ataupun memperbaiki kesalahan fokus minornya.

Canon EOS 5D Mark IV juga disenjatai dengan layar sentuh LCD berdimensi 3,2 inci dengan mengusung teknologi finder field of view sehingga dapat di putar kea rah kanan, kiri, maupun naik turun. Menariknya lagi, kamera ini juga dibenami dengan fitur konektivitas yang cukup lengkap seperti WiFi, NFC, GPS, CompactFlash Type II, HDMI, slot kartu memori SD/SDHC/SDXC, serta port USB 3. Terbenam juga sensor IR photometry, 150.000p RGB, dan fitur anti-flicker.

Sejauh ini, belum ada informasi yang pasti terkait peluncurannya di Tanah Air. Untuk harga Canon EOS 5D Mark IV sendiri, kamera ini dikabarkan dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yakni US$3499 atau setara dengan Rp 46 jutaan. Namun bagi anda yang ingin membelinya sepaket dengan lensa 24-70 F4L IS USM, kamera ini dibanderol seharga US$4399 atau Rp 58 jutaan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button