Kamera Canon terbaru kembali diluncurkan dengan mengusung nama Canon EOS 1Dx mk II yang didesain khusus untuk fotografer, pewawancara, maupun untuk penggemarnya yang membutuhkan kamera DSLR Canon berkualitas mumpuni.

Mengusung dimensi yang cukup besar, kamera Canon ini hadir dengan desain yang hampir menyerupai pendahulunya, yakni Canon 1DX. Akan tetapi, kamera generasi terbaru ini sudah mengalami peningkatan yang cukup signifikan, diantaranya disenjatai dengan sensor 20 megapiksel, fitur 4K video, slot CFast card, layar sentuh hybrid AF, dan GPS.

Kamera DSLR Canon ini juga menawarkan performa yang semakin berkualitas yakni 14 fps, bahkan bisa menjadi 16 fps. Buffer kamera yang dimilikinya juga lebih luas sehingga bisa mengambil gambar JPG hingga kapasitas memorinya penuh.

Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya mengapa harga kamera canon sangat tinggi. Sebab, jika dilihat dari sensor serta kualitas foto yang dihasilkannya memang tergolong bagus, namun tidak yang terkesan luar biasa.

Jika dibandingkan dengan kamera lainnya, misalnya Canon 5DS yang punya sensor 50 MP, kamera ini sangat jauh ketinggalan karena hanya memiliki sensor 20 megapiksel saja. Alasan utamanya adalah kamera canon terbaru ini dirancang khusus untuk menghasilkan performa yang tinggi dan apabila megapikselnya terlalu besar, maka akan membuat kinerjanya menjadi lambat.

Canon EOS 1Dx mk II disenjatai dengan 61 titik fokus yang semua titiknya mampu bekerja meski bukaan lensa cukup gelap. Dengan demikian, pengguna lensa f/4 yang memasang dua kali tele converter, tetap akan bisa auto fokus dengan mengandalkan kamera DSLR Canon ini.

Performa auto fokus yang dimiliki kamera ini juga dikombinasikan dengan modul metering terbaru dengan 360.000 piksel RGB metering yang menjadikan kamera Canon terbaru ini lebih akurasi dalam mencari fokusnya, dengan mengikuti gerakan subyek, kemudian menguncinya.

Canon EOS 1Dx mk II didesain dengan bobot 1,5 kg dengan dibalut bahan magnesium alloy yang kuat, dan dibekali dengan layar LCD sebesar 3,2 inci dan 2 LCD kecil. Kamera canon ini juga dibenami dengan 2 buah joystick serta kemampuan untuk mengatur mode live view menggunakan layar sentuhnya.

Sebagian tombol yang dibekali pada kamera ini dapat disesuaikan dan juga disediakan pilihan setting yang beragam untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya. Desainnya juga menawarkan custom layout untuk tampilan setting di layar sesuai dengan minat penggunanya.

Sayangnya, Canon EOS 1Dx mk II tidak dibekali dengan kemampuan flash, sehingga pengguna harus memasangnya di bagian hot shoe. Kamera ini juga tidak disenjatai fitur WiFi, namun ada penerima GPS untuk geotagging. Baterai yang diusungnya mengandalkan baterai generasi anyar, yakni LP-E19 komatibel dengan kemampuan yang lebih lama.

Dari sisi ergonominya, Canon EOS 1Dx mk II ini sangat baik dan memiliki kesan yang solid dengan lekuk grip dan tata letak tombolnya yang tepat. Menariknya, tampilan di dalam jendela bidiknya juga sangat lengkap, salah satunya level horizondan indikator light meter untuk horizontal dan juga vertikal.

Salah satu aspek penting dari Canon EOS 1DX mk II ini adalah fitur video yang disenjatainya, yakni fitur 4K, lengkap dengan dukungan headphone dan port mic. Fitur 4K yang diusungnya ini mengandalkan format MOV dengan kompresi MJPG dan opsi full HD.

Lebih dari itu, Canon EOS 1Dx mk II juga menyediakan format MP4 bagi para penggunanya yang ingin merekam dengan waktu yang lebih panjang. Bagi anda yang menyukai auto fokus ketika mengambil video, maka akan akan terbantu berkat teknologi Dual Pixel AF yang menjadikan continuous servo AF ketika merekam menjadi hal yang mudah.