Dipromosikan pada kompetisi Consumer Electronic Show (CES) 2016 awal tahun, Samsung bersiap untuk meluncurkan serangkaian televisi beresolusi Ultra HD/4K teranyarnya di Indonesia.

TV PM Senior Manajer Samsung Electronics Indonesia, Ubay Bayanudin menyebarkan bahwa alat tersebut bakal diriliskan dalam waktu dekat ini.

Pada umumnya produk televisi SUHD baru Samsung akan dirilis pada akhir bulan April atau awal bulan Mei ini,” ujar Ubay pada ajang Samsung Seminar TV di Singapura, pada hari Selasa kemarin.

SUHD sebenarnya merupakan teknologi buatan dan dijual oleh Samsung sendiri. Teknologi ini menawarkan resolusi tinggi kualitas Ultra HD (UHD) atau resolusi gambar 4K (3.840 x 2.160 piksel).

Teknologi warna natural

Selain memanggul resolusi 4K, TV SUHD Samsung juga bakal dibekali dengan teknologi lain bikinan sendiri yaitu Quantum Dot.

Teknologi tersebut memperbolehkan perangkat untuk menayangkan gambar dalam format High Dynamic Range (HDR) dalam kualitas kecerahan maksimal sampai 1.000 nitt.

Total warna yang dimunculkan pun mencapai berkisaran satu miliar, sehingga tampak lebih alami di mata. “Tingkat kecerahan itu menumbangkan televisi milik brand lain, umumnya produk pesaing hanya mampu mencapai 600 nitt,” imbuh Ubay.

Di Indonesia sendiri, Samsung siap luncurkan alat SUHD dari ukuran 49 inci hingga 88 inci. Nama seri yang akan dipasarkan beberapa di antaranya adalah KS9800, KS9000, KS7500, dan KS7000.

Untuk harga, Ubay masih belum bisa mengasih bocoran. Tapinya, ia berjanji bahwa perangkat ini akan lebih murah dari SUHD yang telah dipasarkan Samsung sebelumnya.

“Tahun 2015 lalu, ada satu versi SUHD yang bisa meroleh harga Rp 70 jutaan, yah dengan promo dan lainnya harga mencapai Rp 60 jutaan. Untuk SUHD luncuran tahun 2016 mungkin akan lebih ekonomis dari itu,” pungkasnya.