Gareth Bale tampil apik saat Wales menang agregat 2-1 atas Slovakia pada laga perdana Grup B, pada hari Sabtu kemarin. Satu gol berhasil dilesakkan pemain Real Madrid itu.

Bertanding di Stade Matmut-Atlantique, Wales sukses mendahulukan keunggulan lewat “free-kick” Bale pada menit ke-10. Slovakia berhasil membalas pada menit ke-61 melalui sepakan Ondrej Duda.

Gol keunggulan Wales baru tercetak pada menit ke-81 lewat sepakan “Hal Robson-Kanu”. Pemain klub Reading itu berhasil menyambut bola yang lepas dari pengontrolan rekannya, Aaron Ramsey.

Keunggulan itu sangat berarti karena didapat pada laga debut Wales di Piala Eropa. Gol “free-kick” Bale itu pun akan sangat berarti dan akan terus diingat sebagai yang pertama berhasil dicetak pemain Wales di ajang tersebut.

Tapinya, Bale tidak terlalu angkuh dengan gol bersejarah tersebut. Bagi pemain milik Real Madrid berusia 26 tahun itu, kemenangan The Dragons – julukan Wales – adalah yang terpenting dari pertandingan tersebut.

“Tidak peduli siapa yang mencetak gol. Tapinya hal terpenting adalah kami mampu meraih tiga poin dan memberi hiburan kepada fans kami!” ucap Bale seperti diberitakan dari UEFA.

Sarannya cukup serupa yang diucapkan sang juru racik Chris Coleman. Dia memperkirakan sumbangan penting Bale bukanlah pada penciptaan gol pertama, tapinya pada akhir-akhir pertandingan.

“Mayoritas orang bakal menghargai gol yang berhasil dicetak, tapinya penampilan apik Bale hadir pada akhir pertandingan. Ia memperlihatkan kepintaran dalam bermain sepak bola,” ucap Coleman.

“Bale tidak bermain menawan, tapinya akan melakukan apa saja untuk tim. Dia mengerti apa yang dibutuhkan tim darinya. Hasil akhir ini akan disukai oleh tiga juta orang Wales,” imbuhnya.

Sorakan dari pendukung yang rela hadir dari Wales ke Perancis juga disanjung oleh Bale. Kini, dia pingin bisa memberikan hasil positif pada laga berikutnya melawan Inggris.

“Tapinya tuk saat ini kami harus mulai fokus ke Inggris. Kami telah sukses pada pertandingan pertama dan sekarang masih ada dua laga lagi yang akan kami hadapi. Kami akan terus berusaha!” ujarnya.

Skuat Wales yang saat ini sedang bertengger di puncak klasemen Grup B akan bertemu dengan Inggris pada laga kedua, pada hari Rabu besok.