Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang diklaim mampu memberikan segudang manfaat bagi kesehatan. Jenis buah yang bernama latin citrus aurantium ini kaya kandungannya akan vitamin C, folid acid, serta potassium yang sejatinya mampu menghalau pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Tidak hanya itu, jeruk juga miliki kandungan serat serta hesperidin yang mampu meminimalisir resiko seseorang mengidap penyakit jantung, menurunkan hipertensi, dan mencegah kolesterol. Mengasup satu buah jeruk, maka tubuh akan mendapatkan asupan karbohidrat sebesar 16 gram yang memiliki 70 kalori sebagai sumber energy bagi otak dan juga tubuh.

Kandungan vitamin C dan nutrisi lainnya yang dimiliki buah jeruk ini tersimpan sejuta manfaat bagi kesehatan apabila diasup secara rutin. Dibawah ini adalah manfaat buah jeruk untuk kesehatan apabila dikonsumsi dengan rutin yang perlu anda ketahui.

1. Menurunkan kolesterol jahat

Manfaat jeruk yang pertama ialah mampu menekan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Pasalnya, dengan mengasup buah jeruk, maka tubuh akan mendapatkan asupan serat larut yang juga disebut sebagai karbohidrat kompleks. Perlu kita ketahui, kandungan karbohidrat kompleks mampu menekan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Oleh karena itu, bagi anda yang kadar kolesterolnya sedang tinggi, dianjurkan untuk mengkonsumsi buah jeruk.

2. Meningkatkan imunitas tubuh

Padatnya aktivitas seseorang setiap harinya, mampu membuat waktu istirahatnya menjadi berkurang. Kondisi tersebut juga menyebabkan melemahnya kekebalan tubuh seseorang, sehingga memicu terjangkitnya penyakit. Oleh karena itu, seseorang yang mempunyai aktivitas yang padat dianjurkan untuk mendapatkan asupan vitamin C yang tinggi guna mengdongkrak kembali sistem imunitas di dalam tubuh.

Dengan mengasup 1 buah jeruk, maka kebutuhan tubuh terhadap asupan vitamin C akan terpenuhi dengan maksimal. Oleh karena itu, ada baiknya jeruk dijadikan sebagai salah satu jenis buah yang wajib anda konsumsi setiap harinya.

3. Menghilangkan resiko anemia

Manfaat jeruk yang selanjutnya adalah meluputkan seseorang dari resiko anemia. Pasalnya, salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya anemia adalah kurangnya asupan zat besi di dalam tubuh. Kondisi ini sangat berpengaruh terhadap proses produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Dengan mengasup 1 buah jeruk, maka tubuh akan mendapatkan asupan zat besi sebesar 13%. Oleh karena itu, bagi anda yang sering mengalami masalah kesehatan seperti ini, sebaiknya mengkonsumsi jeruk setiap hari secara rutin.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat jeruk juga dapat dirasakan untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi. Dengan kata lain, jenis buah yang satu ini sangat cocok bagi anda pengidap hipertensi. Di dalamnya, buah jeruk mengandung senyawa hesperidin yang mampu mendongkrak fungsi pembuluh darah serta meminimalisir kadar tekanan darah tinggi.

5. Mencegah sembelit

Susah buah air besar atau sembelit sulit sering dialami oleh kebanyakan orang. Dengan mengasup buah jeruk, maka masalah sembelit dapat teratasi. Pasalnya, buah jeruk miliki kandungan serat yang yang tinggi, yang berperan sebagai sumber makanan yang kaya akan serat.

6. Menghindari batu ginjal

Manfaat jeruk selanjutnya adalah meluputkan seseorang dari resiko mengidap batu ginjal. Pasalnya, buah jeruk miliki kandungan vitamin C yang tinggi dan asam sitrat yang mampu meminimalisir kadar kalsium di dalam urin, sehingga dapat mempengaruhi penurunan jumlah pembentukan batu ginjal.

7. Mencegah resiko diabetes

Buah jeruk juga miliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga mampu mendongkrak kinerja pembuluh darah di dalam tubuh yang berpengaruh terhadap peningkatan sensitivitas insulin di dalam tubuh. Hal tersebut nantinya akan sangat bermanfaat bagi anda para penderita diabetes.