Bos Yakuza Jepang Pembakar Gedung Ditangkap Polisi

DUAKALI.COM – Bos nomor tiga dari kelompok mafia Jepang (Yakuza) terbesar di Fukuoka, Kudokai, Keigo Kikuchi, ditangkap polisi Jepang, Rabu (25/11/2015) karena dituduh membakar dua gedung, sebuah toko dan sebuah restoran. “Dua gedung terbukti telah dibakar bos Kudokai sehingga polisi menangkapnya lagi hari ini Rabu (25/11/2015)”.

Peristiwa pembakaran gedung itu terjadi 14 Agustus 2012, dipercaya polisi. Kikuchi telah memberikan perintah kepada anak buahnya untuk membakar dua gedung di Kota Kitakyushu daerah Kokurakita.

Satu gedung pertokoan dan satu lagi sebuah restoran. Kebakaran dimulai dari dalam elevator (lift). Kejadian itu dua minggu sebelum toko dan fasilitas umum di Jepang akan menempelkan stiker anti geng kejahatan (yakuza) di Jepang yang disebarluaskan oleh pihak kepolisian bekerjasama dengan asosiasi pedagang setempat.

Empat lelaki dan wanita akhirnya harus dibawa ke rumah sakit akibat asap tebal kebakaran yang berasal dari lift tersebut. Tidak ada yang meninggal dalam kasus tersebut. Kikuchi sudah menghadapi percobaan pembunuhan terhadap seorang perawat tahun 2013.

Empat pimpinan Kudokai, mulai pimpinan nomor 1, 2, 3 dan 4 sudah pernah ditangkap polisi, ditahan dengan tuduhan berbagai tindak pidana seperti upaya pembunuhan dan sebagainya. Kini tinggal menunggu keputusan pengadilan di Fukuoka terhadap mereka yang bebas sementara dengan jaminan uang, sambil menunggu proses pengadilan berjalan.