Duakali – BlackBerry Hub yang sebelumnya hanya tersedia di ponsel BlackBerry kini bisa dipakai di ponsel berbasis Android 6.0 Marshmallow. BlackBerry Hub adalah aplikasi yang mengombinasikan email, messaging, media sosial dan sejumlah akun lain ke dalam satu aplikasi.

Dalam Google Play Store aplikasi ini akan berjudul BlackBerry Hub+, yang akan tersaji secara gratis untuk penggunaan selama 30 hari pertama. Setelah itu pengguna bisa tetap memilih versi gratis tapinya menerima iklan, atau membayar Rp 13 ribu untuk versi bebas iklan.

Konsumen versi gratis hanya bisa memakai aplikasi Hub+, BlackBerry Calendar dan password manager. Sementara pelanggan berbayar mendapat tambahan beberapa aplikasi seperti Contact, Tasks, Device Search, Notes dan Launcher.

Dalam penjelasan persnya, BlackBerry mengatakan Hub+ adalah layanan pertama dari Mobility Solutions Group. Ke depannya masih akan ada layanan lain dari unit bisnis anyar BlackBery itu. Perusahaan bertanah air Kanada itu juga menjanjikan kalau nantinya Hub+ juga bisa dipakai di OS Android versi lain, Lollipop contohnya.

Hub+ adalah aksi terbaru BlackBerry dalam rangka perombakan bisnisnya, dari yang tadinya murni mengandalkan hardware, dan kini mulai menjamah layanan berbentuk software.

“Konsumen kami selalu berucap tentang pengalaman unik yang didapatkan di aplikasi produktivitas milik kami seperti BlackBerry Hub, kalender dan kontak, di antara yang lain. Tapinya saya senang bahwa sekarang kami dapat mempromosikan fitur yang luar biasa ini kepada semua pengguna Android yang menginginkan yang maksimal dari smartphone mereka,” ucap Ralph Pini, Chief Operating Officer and General Manager, Mobility Solutions, BlackBerry dalam keterangan pers yang diterima Godetik.