Layanan pesan instan BlackBerry Messenger telah membebas biayakan applikasi private yang sebelumnya hanya bisa digunakan oleh pelanggan yang sudah berbayar. Fitur-fitur yang bisa dinikmati secara gratis ini di antaranya adalah Retract dan Timer.

Applikasi “Retract” berfungsi untuk tarik pesan yang sudah terlanjur dikirim. Sementara itu, Timer berguna untuk membatasi beredarnya sebuah pesan, mirip dengan fungsi dari aplikasi Telegram atau Snapchat.

“Peluncuran baru ini memberikan sebuah privasi lebih dan kontrol kepada para pengguna BBM tanpa harus berlanggan,” ujar Matthew Talbot, Senior Vice President BlackBerry, seperti dikutip dari blog BlackBerry, pada hari Selasa kemarin.

Lantas juga applikasi Retract dan Timer, konsumen BBM juga bisa menjalani applikasi Private Chat dan Edit. Fitur Private Chat yang membuat nama dan avatar tidak muncul di percakapan. Sedangkan, Edit berguna utnuk meng-edit teks yang telah dikirim.

Pembugaran lain yang dibagikan BlackBerry adalah melanjutkan pesan (Forward message) dan pengembangan performa, termasuk perbaikan bug.

Apllikasi-applikasi private yang dijelaskan di atas sesungguhnya sudah tersedia sejak Oktober 2014 lalu. Namun, fitur tersebut hanya bisa digunakan oleh pelanggan berbayar BlackBerry Messenger.

Dengan memberikan applikasi-applikasi yang harus bayar dan menjadi gratis ini, mampukah BlackBerry tersebut mencegah pengguna setianya berpindah ke platform media sosial lain yang semakin diminati, seperti WhatsApp, Facebook Messenger, atau Snapchat?