Smartphone Blackberry DTEK50 resmi dirilis dengan banderol sebesar $299 atau setara dengan Rp 3,9 juta. Harga tersebut sangat masuk akal bila mengingat fitur dan spesifikasi yang ditawarkan ponsel ini. Kabarnya, mulai tanggal 8 Agustus 2016 mendatang, smartphone ini akan dilego di beberapa negara seperti Italia, Jerman, Inggris, Amerika Serikat, Belanda, Spanyol, Prancis, dan Kanada.

Mengusung sistem operasi Android Android 6.0.1 Marshmallow, ponsel pintar ini hadir dengan dukungan layar sentuh berdimensi 5,2 inci yang memiliki resolusi full HD 1920 x 1080 piksel dan dibekali dengan teknologi IPS – LTPS (In-Plane Switching) dan mampu menghasilkan kerapatan layar mencapai 423 piksel per inci.

Salah satu kelebihan yang diunggulkan ponsel pintar ini adalah di sektor keamanannya yang disokong oleh perangkat lunak DTEK. Teknologi ini punya kemampuan untuk melacak serta memberikan notofikasi kepada para penggunanya saat seseorang mengambil video maupun foto tanpa diketahui oleh penggunanya. Tak hanya itu, pengguna juga dapat mengakses lokasi maupun kontak.

BlackBerry DTEK50 menawarkan performa yang mumpuni berkat disenjatainya perangkat ini dengan chipset Qualcomm Snapdragon 617 yang mengandalkan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit yang terdiri dari quad-core berkecepatan 1,7GHz dan quad-core berkecepatan 1,2GHz dan disokong oleh pengolah grafis yang mumpuni dari Adreno 405.

Di sektor penyimpananya, smartphone ini dibenami dengan RAM berkapasitas 2GB/3GB dan memori internal yang kapasitasnya mencapai 16GB yang memungkinkan para penggunanya untuk memperbesar kapasitas penyimpananya hingga mencapai 512GB. Lebih dari itu, perangkat ini juga dilengkapi dengan fitur konektivitas seperti NFC, 3G HSPA, WiFi, GPS/GLONASS, port microUSB, dan 4G LTE.

Mengusung baterai berkapasitas 2610mAh, BlackBerry DTEK50 disenjatai dengan kamera belakang beresolusi 13 megapiksel yang disokong dengan fitur EIS (Electronic Image Stabilization), LED flash, dan autofokus untuk menghasilkan gambar yang berkualitas saat memotret di tempat yang kurang pencahayaannya. Di bagian depannya, tersemat juga kamera depan 8 megapiksel untuk video call dan foto selfie.