BKPM akan Fasilitasi Dialog Investor India

Jakarta: Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) terus berupaya untuk memfasilitasi penyelenggaraan dialog investor India. Kepala BKPM Franky Sibarani menyatakan kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut pertemuannya dengan Duta Besar India di Indonesia Gurjit Singh, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Menurut Franky, melalui forum tersebut pihaknya berharap dapat mendorong lebih banyak lagi masuknya investasi India ke Indonesia. BKPM mencatat Investasi India di Indonesia selama periode 2010-2014 tercatat berada diperingkat 23 dari total 108 negara, dengan total investasi sebesar USD231 juta dari 371 proyek.

“Jumlah investasi India di Indonesia memang tidak sebesar negara Asia lainnya, seperti Singapura, Jepang, Korea Selatan, dan Tiongkok. BKPM melihat potensi meningkatkan investasi dari Indonesia masih cukup besar. Terlebih Indonesia termasuk negara yang perekonomiannya cukup stabil di tengah pelambatan ekonomi global,” papar Franky, dalam keterangan resminya, di Jakarta, Kamis (7/5/2015).

Franky menambahkan, salah satu strategi BKPM untuk menarik investasi India adalah adanya reformasi layanan perizinan investasi melalui pembentukan PTSP Pusat. Menurutnya, PTSP Pusat dapat menjawab keluhan investor India selama ini terkait akan iklim investasi Indonesia soal perijinan dan regulasi yang berbelit serta tidak transparan. Hal ini dirasa sangat meresahkan investor India, terutama bagi investasi yang telah disiapkan untuk mengikuti tender-tender pemerintah.

Dalam pertemuan dengan Dubes India tersebut, Kepala BKPM Franky Sibarani memaparkan potensi investasi, terkait proyek infrastruktur yang akan dibangun Pamerintah Indonesia seperti pelabuhan, jalan tol, pembangkit listrik, bandara, dan sebagainya, yang menawarkan peluang investasi sebesar USD141 Miliar bagi swasta, selama lima tahun ke depan.

Franky juga menjelaskan fokus BKPM untuk mengembangkan empat Kawasan Ekonomi Khusus di Papua yaitu : Marauke, Teluk Bintuni, Sorong dan Raja Ampat. “Peluang-peluang investasi baik main projects maupun proyek penunjangnya dapat dimanfaatkan oleh investor India dengan bekerjasama dengan investor lokal dan BKPM siap memfasilitasi untuk mempertemukan para investor kedua negara,” pungkas Franky.
ABD

Sumber : metrotvnews.com