Tak banyak memang pelatih yang berkesempatan untuk melatih Lionel Messi. Tapinya, jika ada satu karakter yang berperan penting dalam karier megabintang Barcelona dan Argentina itu, Frank Rijkaard-lah orangnya.

Messi tak dipungkiri ialah pesepakbola terbaik dunia disaat ini, selain Cristiano Ronaldo, dengan sederet gelar bergengsi baik di level individu maupun tim. Lima gelarBallon d’Or jadi bukti sahih kualitas pesepakbola 28 tahun tersebut.

Barca telah merajai sepakbola dunia didalam kurun waktu hampir sedekade terakhir ini juga berkat jasa besarnya Messi, yang dengan gol-gol dan aksi di atas lapangan, selalu memberikan kemenangan untuk timnya.

Jikalau ada 1 calon yang pantas diberi apresiasi tinggi atas peraihan Messi dan juga Barca saat ini, maka orang itu adalah Rijkaard.

Disaat musim 2004, sang peracik strategi asal Belanda itu beri kesempatan untuk Messi yang masih berusia 17 tahun dan jadi pemain termuda ketiga dalam sejarah klub saat melakukan debut.

Seusai penampilannya di laga kompetitif pada 2004 yang lalu, disaat menghadapi Espanyol, Messi lalu merajut cerita indah bersama klub Catalan itu sampai sekarang ini.

“Saya selalu mendapatkan kesan bagus dengan para mantan pelatih saya, tapinya pelatih terutama dalam karier saya adalah Rijkaard,” ujar Messi.

Biarpun nantinya dia tak memutuskan tuk memboyong saya berlatih di tim inti dan bermain, mungkin saya takkan pernah bisa masuk tim utama,” sambungnya.

“Saya selalu utarakan yang sama masalah itu (Rijkaard), dia ialah orang yang sangat penting bagi saya karena kepercayaannya pada saya. Dia membuat saya bisa bermain di tim utama,” tutupnya.