Ayam merupakan salah satu jenis bahan makanan yang kaya akan kandungan vitamin serta protein hewaninya. Selain memiliki rasa yang lezat dan gurih, ayam memberikan peluang bisnis yang besar di bidang kuliner saat ini. Sehingga tak heran jika banyak pelaku usaha yang memanfaatkan bahan makanan yang satu ini sebagai usaha yang ditekuninya.

Salah satu pelaku bisnis kuliner yang sukses menekuni bisnis olahan ayam ini adalah Muhammad Arbi dengan mengusung brand Finger and Chicks. Di awal merintis gerai pertamanya, pria yang akrab disapa Arbi ini menggelontorkan modal usaha sebesar Rp 30 juta. Dengan menawarkan beragam menu yang inovatif dan bervariatif, bisnis kuliner Finger and Chicks saat ini semakin berkembang.

“Usaha ini mulai saya rintis dengan menggelontorkan modal Rp 30 juta yang saat itu hanya mengandalkan kios. Berbeda dengan saat ini yang sudah terbentuk sebuah restoran. Bisnis kuliner olahan ayam ini telah berjalan sejak 4 tahun yang lalu. Omzet yang di dapat dari tahun ke tahun pun semakin meningkat dan saat ini Finger and Chicks mampu meraup omzet ratusan juga setiap bulannya. Awalnya, memang saya sudah tertarik untuk membuka bisnis olahan ayam, karena sebagian besar masyarakat menyukainya,” beber Arbi.

Mulai dirintis sejak tahun 2012, Arbi membuka gerai secara berkesinambungan. Pada tahun 2015, Arbi memiliki kesempatan untuk mendirikan restoran Finger and Chicks dan kini ia sudah memiliki 1 restoran dan 3 gerai Finger and Chicks.

bisnis-kuliner-finger-and-chicks

Finger and Chicks menawarkan beragam menu ayam yang tentunya lezat dan menggugah selera, seperti chicken drumstick, cheesy chicks, chicken wings, chicken boneless, french fries, serta beragam menu lainnya. Sejumlah menu ayam tersebut dikolaborasikan dengan kenikmatan pilihan rasa yang bervariasi, yakni barbeque, ayam bakar, black pepper, extra spicy, keju, balado, dan original.

Dengan menawarkan pilihan rasa yang beragam, konsumen tentunya tidak akan merasa bosan saat mereka kembali mengunjunginya, karena akan muncul rasa penasaran dengan pilihan rasa lainnya yang belum pernah mereka coba.

Selain mengandalkan kualitas rasa menunya, Arbi juga menciptakan konsep gerainya yang menarik dan unik, sehingga banyak digemari di kalangan anak muda, yakni seperti panggung stand up comedy, nobar pertandingan sepak bola, atau live acoustic. Menariknya, disediakan pula sejumlah fasilitas lainnya yang dapat memanjakan anak-anak muda sehingga mereka merasa betah dan nyaman, misalnya WiFi dan fasilitas foto booth.

Untuk harganya sendiri, Finger and Chicks mematok harga di kisaran Rp 25 ribu hingga Rp 40 ribu per porsinya. Guna memikat minat para konsumennya, Arbi menyediakan 8 pilihan rasa untuk paket menu ayam dan nasi. Selain menu ayam dan nasi, bisnis kuliner Finger and Chicks ini juga menawarkan beberapa menu lainnya seperti Grilled Sausage, Orange Burger, Pasta, dan French Toast dengan harga yang bersahabat.

Bagi masyarakat yang tertarik untuk menggeluti bisnis kuliner ini dan ingin mengadakan kerja sama, Anda hanya perlu mempersiapkan dana, tenaga kerja, serta lokasi usaha yang telah disesuaikan dengan pilihan paket investasi kemitraan yang diinginkan, yakni terdiri dari outdoor dan indoor.

Dalam kerja sama kemitraan tersebut, setiap mitranya akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti, kontrak kerja sama berdurasi 4 tahum, perlengkapan gerai, dukungan serta pengontrolan kualitas dari pihak manajemen, training dan SOP, paket booth yang didesain semenarik mungkin, software untuk pengelolaan uang, dukungan promosi, serta sejumlah fasilitas penunjang lainnya.