Buah pir merupakan salah satu jenis buah yang sangat penting diasup untuk menunjang kesehatan. Pasalnya, jenis buah yang satu ini kaya akan kandungan vitamin serta serat yang dibutuhkan tubuh. buah pir terdiri dari dua jenis, yakni pir kuning dan pir hijau.

Tapinya, pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai manfaat pir hijau untuk kesehatan apabila diasup secara rutin. Memang, pir hijau belum terlalu dikenal seperti halnya pir kuning. Namun, kini keberadaan dan peredarannya di Indonesia sudah semakin banyak. Salah satu manfaat pir hijau yang perlu anda ketahui adalah mencegah beragam jenis penyakit yang membahayakan tubuh.

1. Memberantas radikal bebas

Keberadaan radikal bebas yang mengancam kesehatan, seperti asap rokok, asap pabrik, makanan berlemak, asap kendaraan, maupun asap pabrik saat ini memang tidak dapat kita hindarkan. Perlu anda ketahui, radikal bebas di dalam tubuh dapat memicu beragam jenis penyakit berbahaya.

Buah pir merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan vitamin C, vitamin K, serta tembaga yang didalamnya berperan sebagai antioksidan alami di dalam tubuh yang ampuh untuk memberantas radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

2. Menangkal penyakit jantung

Salah satu manfaat buah pir hijau apabila diasup secara rutin adalah mencegah penyakit jantung. Didalamnya, jenis buah yang satu ini tinggi akan kandungan serat yang mampu memperlancar pencernaan dan menurunkan kolesterol, yang berpengaruh pada kesehatan jantung. Mengasup makanan berserat tinggi, seperti buah pir juga mampu meminimalisir seseorang terjangkit penyakit stroke sampai 30 %.

3. Menangkal kanker

Kandungan serat yang terkandung di dalam buah pir juga mempunyai manfaat untuk meluputkan zat karsinogenik dari dalam tubuh, dimana zat ini sangat membahayakan tubuh lantaran mampu memicu seseorang mengidap penyakit kanker, dalam hal ini adalah kanker usus besar.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa wanita yang mengasup 1 buah pir setiap harinya akan mampu menekan kemungkinan untuk mengidap kanker payudara sebesar 34%. Hal ini dikhususkan bagi wanita yang sudah memasuki masa menopause.

4. Menstabilkan kadar gula

Memang, buah pir hijau ini mempunyai rasa yang manis, tapinya indeks glikemik yang dimilikinya rendah, sehingga jenis buah yang satu ini sangat direkomendasikan bagi para penderita diabetes agar kadar gula dalam darahnya tetap stabil.

5. Mengatasi masalah tenggorokan

Manfaat pir hijau selanjutnya adalah mengatasi masalah tenggorokan yang umumnya sering dialami di musim pancaroba. Tentunya, kondisi tersebut menjadikan anda tidak nyaman dalam beraktivitas. Untuk itu, anda bisa mengasup buah pir untuk mengatasi masalah tersebut.

6. Mencegah osteoporosis

Kesehatan tulang merupakan aspek terpenting yang harus diperhatikan guna menghindari masalah pengeroposan tulang atau biasa disebut osteoporosis. Agar tetap terjaga kesehatannya, maka anda perlu mengasup makanan berkalsium tinggi setiap harinya.

Di dalam tubuh, kalsium akan selalu terkikis setiap harinya sehingga osteoporosis adalah hal yang paling lumrah dialami. Tapinya, anda harus mencegahnya lantaran osteoporosis mampu membuat aktivitas anda tidak nyaman. Perlu anda ketahui, buah pir hijau memiliki kandungan zat boron yang tinggi sehingga mampu menyerap kalsium dalam tulang dengan lebih cepat.

7. Tidak menyebabkan alergi

Apabila anda mempunyai alergi, anda bisa mengasup buah pir hijau. Pasalnya, jenis buah yang satu ini tidak akan menimbulkan alergi pada tubuh. Dengan demikian, buah pir hijau juga baik dikonsumsi anak-anak yang mempunyai resiko alergi lebih tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here