yandex
Kesehatan

Beragam Menu Sarapan Sehat Yang Kaya Nutrisinya

Sedari kecil, kita selalu dianjurkan untuk tidak meluputkan sarapan. Mengapa demikian? Karena sarapan merupakan salah satu waktu makan terpenting untuk menunjang kegiatan anda selama seharian penuh.

Pada dasarnya, makan pagi punya peran krusial sebesar 30% sebagai modal energi untuk menunjang aktivitas kita seharian. Dengan mengasup menu sarapan pagi dalam porsi yang tepat, maka anda tidak akan mengkonsumsi makanan secara berlebihan di jam-jam setelahnya, sehingga berat badan anda jadi terkontrol dengan baik.

Namun, pilihan makanan untuk diasup sebagai menu sarapan haruslah makanan sehat. Idealnya, menu sarapan sehat yang diperlukan adalah makanan yang mengandung serat yang tinggi dan karbohidrat rantai kompleks. Maksudnya adalah karbohidrat ini terdiri dari struktur kimia yang komplek, yakni sebanyak 3 molekul gula ataupun lebih. Hal inilah yang akan menghindarkan anda dari penyakit diabetes. Berikut ini adalah 10 menu sarapan sehat yang bisa anda masukan ke dalam daftar menu sarapan anda setiap harinya.

1. Telur

Telur merupakan salah satu jenis makanan yang sangat tepat untuk diasup ketika sarapan. Tidak hanya mudah diolah, telur merupakan menu sarapan sehat yang kaya akan kandungan protein dan vitamin D.

2. Buah Pisang

Pisang menjadi salah satu jenis buah yang direkomendasikan sebagai menu sarapan sehat. Tak hanya mempunyai tekstur yang lembut, pisang juga kaya akan karbohidrat sehingga menjadikan perut anda kenyang lebih lama. Mengasup buah ini juga mampu menurunkan tekanan darah lantaran mengandung potassium.

3. Buah Stroberi

Buah stroberi juga sangat tepat untuk dijadikan sebagai menu sarapan sehat anda setiap harinya. Pasalnya, salah satu jenis buah ini kaya akan kandungan antioksidan, asam folat, vitamin C, dan serat. Mengasup stroberi juga mampu meningkatkan kesehatan jantung anda.

4. Buah Semangka

Semangka merupakan buah yang kaya akan kandungan airnya, sehingga sangat tepat untuk diasup di pagi hari karena mampu mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Mengasup buah semangka sebagai menu sarapan sehat juga akan meningkatkan kesehatan mata dan jantung anda, serta mencegah penyakit kanker, berkat kandungan likopen yang dimilikinya.

5. Kopi tanpa gula

Meneguk secangkir kopi di pagi hari tentunya akan berasa nikmat, apalagi disantap dalam kondisi masih hangat. Perlu anda ketahui, kopi tanpa gula rupanya mampu menurunkan risiko anda terserang penyakit kanker prostat serta diabetes. Pasalnya, kopi mengandung antioksidan dan kafein yang ampuh untuk meluputkan kedua penyakit mengerikan tersebut.

6. Teh hangat

Bagi anda yang tidak suka dan tidak bisa mengasup kopi, maka teh hangat bisa dijadikan sebagai alternatif menu sarapan sehat anda di pagi hari. Teh mengandung antioksidan yang tinggi, sehigga ampuh untuk mendongkrak sistem imun di dalam tubuh anda.

7. Buah melon

Kandungan air yang dimiliki melon mampu memenuhi kebutuhan cairan tubuh di pagi hari. Tak hanya itu, jenis buah yang satu inijuga kaya akan kandungan vitamin A dan C yang krusial untuk menunjang kesehatan anda. Dengan demikian, tak ada salahnya jika anda menjadikan buah melon sebagai menu sarapan sehat anda.

8. Ikan Berlemak

Menu sarapan sehat lainnya yang direkomendasikan adalah ikan berlemak, seperti salmon dan mackerel. Kedua jenis ikan ini mengandung protein dan omega-3 yang tinggi, sehingga krusial untuk kesehatan jantung. Bahkan dokter menganjutkan untuk mengasup jenis ikan ini dalam waktu dua kali seminggu.

9. Bubur gandum

Bubur gandum merupakan salah satu jenis menu sarapan sehat yang kaya akan kandungan serat sehingga menjadikan anda merasa kenyang lebih lama serta menekan keinginan untuk mengemil. Mengasup bubur gandum juga mampu melancarkan sistem pencernaan anda.

10. Alpukat

Memang, sangat jarang dijumpai orang yang mengasup alpukat di pagi hari. Namun, yang perlu anda ketahui adalah daging buahnya yang lembut mengandung lemak baik serta vitamin yang mampu menyehatkan tubuh. Bahkan, sebuah studi menyebutkan bahwa mengasup alpukat secara rutin mampu menjaga berat badan anda dan menekan resiko gangguan sistem pencernaan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button