Ketika sedang dilanda flu, lumrahnya badan akan menjadi drop dan membuat pernapasan menjadi terganggu. Karena pada dasarnya, flu merupakan infeksi saluran pernapasan yang dipicu oleh virus akibat melemahnya metabolisme di dalam tubuh.

Dalam kondisi tersebut, anda perlu menjaga asupan makanan yang sehat untuk membangkitkan kembali sistem imunitas tubuh yang merosot. Pasalnya, ada beberapa jenis makanan yang ampuh untuk memberantas flu yang sedang melanda. Berikut ini adalah ragam makanan yang mujarab untuk mengatasi flu.

1. Paprika Kuning

Untuk mengatasi flu, anda perlu mengasup makanan bervitamin C. Salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan vitamin C adalah paprika kuning. Paprika kuning ini punya manfaat untuk membantu meminimalisir gejala flu yang muncul.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa suplemen bervitamin C yang diasup setiap harinya mujarab untuk mengatasi flu dengan cepat dan meminimalisir timbulnya gejala flu yang menyiksa. Tak hanya itu, vitamin C juga punya peran yang krusial untuk mendongkrak sistem imum di dalam tubuh.

2. Sarden

Ikan merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan omega-3. Bagi anda yang sedang dilanda flu, dianjurkan untuk mengasup ikan. Kandungan omega-3 yang dimiliki ikan mampu meminimalisir peradangan d dalam tubuh. Bahkan dan sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Leukocyte Biology disebutkan bahwa omega-3 mampu mendongkrak sistem imun dengan meningkatkan sel fungsi kekebalan tubuh.

Apabila dibandingkan dengan sejumlah jenis ikan lainnya, ikan sarden punya kandungan omega-3 yang lebih tinggi. Menurut sebuah studi yang ada, tiga ons ikan sarden miliki 1.259 mg kandungan omega-3 sementara ikan salmon yang mengandung 840 mg.

3. Jamur

Mengasup jamur di saat sedang flu sangat dianjurkan sebagai cara mengatasi flu dengan cepat. Perlu anda ketahui, jenis makanan yang satu ini kaya akan kandungan antioksidan, selenium, dan vitamin B sehinga krusial untuk mendongkrak sistem imum di dalam tubuh.

Tak hanya itu, jamur pun punya fungsi sebagai antivirus serta mampu mendongkrak produksi sel yang mampu membinasakan infeksi. Vitamin B yang terkandung di dalam jamur juga ampuh untuk menjaga sistem imunitas tubuh yang kuat.

4. Sup Ayam

Mengasup sup ayam diklaim sebagai obat flu alami yang kerap dilakukan banyak orang. Sejatinya, cairan hangat mampu memperlonggar lender serta meminimalisir rasa sakit pada tenggorokan. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Nebraska Medical Center menunjukkan bahwa kuah kaldu hangat, daging ayam, dan sayuran yang terdapat di dalam makanan ini berperan sebagai anti-inflamasi, sehingga mampu mengatasi flu dengan cepat dan memiminimalisir gejalanya.

5. Buah jeruk

Mengasup buah jeruk yang dikenal sebagai sumber vitamin C merupakan salah satu cara mengatasi flu yang mujarab. Tidak hanya buahnya, kandungan limonene yang dimiliki kulit jeruk juga punya peran yang krusial untuk mengobati bronchitis serta memberantas sel-sel kanker di dalam tubuh.

6. Jahe

Jahe merupakan salah satu jenis bahan alami yang diklaim sangat mujarab untuk mengatasi flu. Bahkan sebagian besar dokter merekomendasikan kepada pasiennya yang sedang dilanda flu untuk mengasup minuman jahe hangat. Meminum satu cangkir minuman jahe hangat yang ditambahkan dengan air lemon serta madu ampuh untuk melonggarkan hidung yang mampet serta melenyapkan rasa tidak nyaman di dalam tubuh.

7. Telur

Selain kaya akan kandungan protein, telur juga merupakan sumber vitamin D. Seseorang yang kekurangan vitamin D, seyogyanya mempunyai sistem imun yang lebih lemah dibandingkan dengan mereka yang sering mengasup makanan bervitamin D. kandungan vitamin D yang baik juga dapat ditemukan di dalam telur, yang mampu mengatasi flu dengan efektif.