Ibu hamil biasanya selalu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsinya setiap hari agar sang ibu dan janinnya tetap sehat. Asupan makanan yang sakit sangat dibutuhkan oleh sang ibu karena diusia kehamilan muda, sangat rentan mengalami keguguran. Utamnya pada usia kehamilan trisemester pertama, ibu hamil wajib memenuhi asupan mineral dan vitamin sehingga janin berkembang dengan baik. Berikut ini merupakan makanan sehat yang bisa dikonsumsi pada saat hamil muda.

1. Susu
Agar janin bertumbuh dengan sehat, sang ibu harus rajin minum susu baik pagi dan malam hari. Kandungan yang ada di dalam susu mampu memperkuat jaringan baru pada janin, mendukung pertumbuhan otot, dan memperbaiki jaringan yang rusak. Selain susu khusus untuk ibu hamil, anda juga bisa meminum susu kedelai yang kaya akan kandungan vitamin D.

2. Ikan
Ikan merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 dan protein yang mampu membantu pembentukan otak janin. Meskipun demikian, anda pun harus berhati-hati dalam pemilihan ikan yang akan dikonsumsi, karena ikan yang memiliki kandungan merkuri akan mengganggu perkembangan janin. Sebaiknya, konsumsi ikan yang sudah diolah karena ikan mentah bisa meningkatkan lemak jenuh di dalam tubuh.

3. Sereal
Makanan sehat yang bisa dikonsumsi ibu hamil di pagi hari salah satunya adalah sereal. Tidak hanya memiliki variasa yang beragam, mengkonsumsi sereal akan mampu mengatasi gangguan mual, kehilangan nafsu makan, dan juga muntah. Didalamnya, sereal mengandung karbohidrat, kalsium, mineral, serat dan vitamin B yang disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil.

4. Buah dan Sayur
Pada kehamilan di usia muda, ibu hamil membutuhkan asupan vitamin C yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mengatasi infeksi. Tidak hanya itu, konsumsi sayuran hijau yang mengandung zat besi juga diperlukan untuk memberikan energy dan meningkatkan hemoglobin di dalam tubuh.

5. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan makanan yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mengembangkan sistem saraf janin. Anda bisa memilih kacang hijau yang memiliki kandungan vitamin B dan asam folat yang tinggi. Tidak hanya itu, kacang-kacangan juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan dan energy ibu hamil.