Tak hanya mengasup makanan sehat, salah satu cara efektif untuk meringankan penyakit batu empedu adalah dengan memanfaatkan buah-buahan sehat yang diolah dalam bentuk minuman yang menyegarkan. Di lingkungan sekitar kita, terdapat beragam jenis tumbuhan alami yang mampu merangsang kandung empedu serta mengoptimalkan fungsinya di dalam tubuh.

Perlu kita ketahui bahwa penyakit batu empedu ini dapat disebabkan oleh beragam faktor, diantaranya obesitas, gaya hidup yang tidak sehat, anemia, diet tinggi lemak, obesitas, dan mengasup makanan tidak sehat. Salah satu cara yang paling umum dilakukan unguk mengobati batu empedu adalah operasi.

Tapinya, ada cara alami lainnya yang dapat meminimalisir masalah batu empedu, yakni dengan mengkonsumsi minuman sehat dari bahan-bahan alami. Dibawah ini akan dibahas terkait minuman sehat untuk penderita batu empedu.

1. Jus buah pir

Pir merupakan salah satu jenis buah yang miliki rasa yang manis dan menyegarkan. Selain dapat diasup secara langsung, jenis buah yang satu ini juga dapat dimanfaatkan sebagai minuman sehat yang ampuh untuk menghaluskan batu empedu, sehingga nantinya batu empedu tersebut dapat keluar secara alami dari dalam tubuh.

2. Cuka Sari apel

Salah satu minuman sehat yang dapat membantu meluputkan masalah batu empedu adalah cuka sari apel. Jenis minuman yang satu ini telah dikenal di kalangan masyarakat sebagai bahan alami mengatasi beragam masalah kesehatan, salah satunya adalah obat alami batu empedu.

Dengan mengasup cuka sari apel, maka batu empedu di dalam tubuh akan hilang secara perlahan, sehingga dapat teratasi dengan baik tanpa merusak sistem imunitas di dalam tubuh. Tak hanya itu, cuka sari apel juga mampu melarutkan batu empedu pada tubuh dan meminimalisir rasa sakit yang muncul akibat batu empedu tersebut.

3. Jus Anggur

Masalah batu empedu pada tubuh juga dapat diluputkan dengan mengasup jus anggur. Bagi anda penderita batu empedu, minumlah jus buah yang satu ini dalam takaran setengah gelas ketika mengalami sakit akibat penyakit tersebut.

4. Jus Lemon

Jus lemon juga dapat dimanfaatkan sebagai minuman sehat untuk meluputkan masalah batu empedu. Jenis minuman yang satu ini mampu mencegah hati dalam menghasilkan kolesterol, sehingga dapat mempercepat pemulihan. Tidak hanya itu, kandungan pektin yang dimiliki jus lemon ini juga mampu melenyapkan rasa sakit akibat penyakit tersebut.

5. Jus sayuran

Sayuran diklaim sebagai salah satu makanan sehat yang miliki beragam manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk pengidap penyakit batu empedu. Beberapa jenis sayuran yang berperan dalam hal ini adalah wortel, mentimun, dan akar bit. Jenis sayuran ini mampu membantu membersihkan hati serta memperkuat kantong empedu di dalam tubuh. kandungan vitamin C yang tinggi serta nutrisi lainnya pada wortel juga sangat baik untuk meningkatkan sistem imum di dalam tubuh.

6. Kunyit

Di dalamnya, kunyit memiliki sifat antioksidan yang bermanfaatkan untuk meluputkan racun dari dalam tubuh. Dengan mengasup kunyit, maka organ hati tidak perlu mengeluarkan upaya yang keras dalam menyaring darah serta mampu memelihara kesehatan tubuh.

7. Peppermint

Minuman sehat lainnya yang baik untuk penderita penyakit batu empedu adalah peppermint. Dengan mengasup jenis minuman yang satu ini, maka akan membantu sistem cerna dalam merangsang aliran empedu. Di dalamnya, peppermint kaya akan kandungan terpene yang mampu melarutkan batu empedu di dalam tubuh, sehingga rasa sakit akibat penyakit ini dapat berkurang.