Banyak orang yang beranggapan bahwa seseorang yang mengidap penyakit diabetes tidak dianjurkan untuk mengasup buah lantaran memiliki rasa manis yang berasal dari kandungan gula. Meski sebenarnya rasa manis itu berasal dari gula alami, namun kandungan gula yang dimiliki buah punya indeks glikemik yang rendah.

Sejatinya, buah merupakan sumber karbohidrat yang sangat baik jika dibandingkan dengan sayuran. Tak hanya itu, buah juga mengandung sodium serta lemak yang rendah, kecuali alpukat. Bagi anda pengidap penyakit diabetes, berikut ini adalah beberapa jenis buah yang baik untuk dikonsumsi.

1. Stroberi

Stroberi merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan serat. Buah yang menyegarkan ini sangat baik diasup tanpa diproses lebih dulu untuk mendapatkan nutrisi berupa vitamin C yang dimilikinya. Selain baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, stroberi juga ampuh untuk melenyapkan noda pada gigi.

2. Ceri

Bagi anda pengidap penyakit diabetes, sangat dianjurkan untuk mengasup ceri. Pasalnya, jenis buah yang satu ini kaya akan kandungan kalsium dan antioksidan yang menjadikannya pas untuk dijadikan menu diet. Tak hanya itu, ceri juga mengandung indeks glikemik yang rendah sehingga sangat dianjurkan untuk anda pasien diabetes. Namun, upayakan untuk tidak mengkonsumsi buah ceri kemasan atau kalengan yang sudah dicampurkan dengan gula.

3. Apel

Apel dikenal sebagai buah yang kaya akan manfaatnya. Bahkan, sebuah pepatah penyebutkan bahwa mengasup sebuah apel dapat menghindari seseorang dari dokter. Jenis buah yang satu ini mengandung karbohidrat dan kalori yang rendah namun kaya akan serat dan vitamin C yang sangat berperan krusial untuk tubuh. Untuk itu, bagi anda pengidap penyakit diabetes, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah apel.

4. Anggur

Tak sedikit orang yang gemar mengasup buah anggur. Selain menyegarkan, anggur juga kaya akan kandungan serat dan menjadi sumber vitamin B6. Kandungan yang dimilikinya ini bermanfaat untuk memaksimalkan kinerja otak dan hormon yang nantinya dapat berpengaruh terhadap suasana hati seseorang.

5. Pir

Pir merupakan salah satu jenis buah yang baik diasup oleh pengidap penyakit diabetes lantaran mengandung serat serta kalium yang tinggi. Tidak hanya dapat dijadikan sebagai pilihan buah untuk diet penderita diabetes, buah yang menyegarkan ini juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

6. Jeruk

Jeruk dikenal sebagai sumber vitamin C. Mengasup buah jeruk mampu menstabilkan tekanan darah berkat kandungan asam folat dan kalium yang dimikinya. Rasanya yang menyegarkan dan rendah akan kandungan kalori serta karbohidratnya, jeruk menjadi pilihan buah yang tepat untuk anda pasien penyakit diabetes.

7. Kiwi

Kiwi memiliki beberapa kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Faktanya, jenis buah yang satu ini kaya akan vitamin C dan antioksidan yang mampu menghalau terjadinya kerusakan sel akibat adanya proses oksidasi. Buah kiwi direkomendasikan untuk pengidap penyakit diabetes lantaran mengandung inositol dan indeks glikemik yang rendah.

Kandungan inositol yang dimilikinya ini mampu mendongkrak sensitivitas insulin di dalam tubuh sehingga membantu difusi glukosa ke dalam sel yang berpengaruh untuk menurunkan gula darah di dalam tubuh.

Meskipun ketujuh buah-buahan ini baik diasup untuk penderita diabetes, namun sebaiknya dikonsumsi tanpa diberikan tambahan gula. Konsumsilah buah yang segar tanpa ditambahkan pemanis. Bahkan, ketika ingin dikonsumsi dalam bentuk jus, hindari penambahan susu dan gula.