Bekerja selama 8 jam di kantor tentunya akan menjadikan anda sulit untuk mengasup makanan sehat, kecuali jika anda membawanya dari rumah untuk dimakan di kantor. Sebuah studi menyebutkan bahwa mengkonsumsi makanan setiap 4 jam sekali mampu meningkatkan metabolisme tubuh seseorang.

Oleh karena itu, anda bisa mempersiapkan beberapa cemilan sehat yang bisa diasup selagi ada waktu luang. Anda juga bisa menyimpannya di lemari es atau laci meja anda. Namun yang perlu diingat adalah pilihlah makanan untuk ngemil yang kalorinya kurang dari 200. Anda bisa ngemil makanan tersebut ketika anda merasa lapar atau menjelang sore hari.

Nah, bagi anda wanita karir, dibawah ini akan dibahas terkait 5 makanan cemilan sehat yang dapat diasup selama berada di kantor. Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Buah

Buah-buahan dapat dijadikan sebagai cemilan yang tidak hanya dapat mengenyangkan, tapinya juga memberikan dampak yang baik untuk kesehatan. Jenis buah seperti pisang, anggur, apel, pir, dan jenis buah lainnya bisa anda persiapkan dari rumah untuk dijadikan cemilan di kantor. Untuk menghindari rasa bosan, sebaiknya pilih buah yang berbeda-beda.

Dengan mengasup satu porsi buah, maka tubuh akan mendapatkan asupan 70 kalori. Karena itu, anda bisa menambahkan satu cangkir susu tanpa kandungan lemak, guna meningkatkan asupan vitamin D, protein, dan juga kalsium. Tak hanya itu, kandungan serat dan protein yang dimiliki setiap buah-buahan yang anda konsumsi akan membuat anda merasa kenyang, sehingga dapat mencegah anda berkeinginan untuk makan makanan berat pada siang atau malam hari.

2. Coklat hitam

Salah satu cemilan sehat yang bisa diasup di kantor adalah coklat hitam. Sebuah studi menyebutkan bahwa dengan mengasup coklat, maka akan menambah angka harapan hidup anda dua tahun. Kendati demikian, anda perlu berhati-hati dalam memilihnya. Pasalnya, coklat yang mengandung campuran gula terlalu banyak akan membahayakan kesehatan dan dapat menggagalkan program diet anda.

3. Yoghurt

Pada dasarnya, cemilan sehat tak harus selalu mahal. Salah satunya adalah yoghurt yang mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Sebuah studi mengikutsertakan 68 orang, dimana mereka mengasup dua cangkir yoghurt secara rutin selama tiga bulan. Peneliti tersebut menemukan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi yoghurt akan memiliki sistem kekebalan interferon yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya secara rutin.

Kandungan bakteri baik di dalam yoghurt juga mampu melawan infeksi sel darah putih di dalam aliran darah. Bahkan sejumlah studi juga telah membuktikan bahwa kebiasaan mengasup yoghurt dapat menimbulkan efek anti-tumor.

4. Cemilan dari gandum dan selai kacang

Jenis cemilan sehat lainnya yang direkomendasikan untuk wanita karir adalah cemilan yang terbuat dari gandum dan juga selai kacang. Tak hanya mampu menimbulkan rasa kenyang lebih lama, tapinya jenis makanan yang satu ini juga mampu menjaga dan mengontrol berat badan.

Pasalnya, makanan ini mengandung karbohidrat kompleks yang tinggi sehingga mampu mengendalikan nafsu makan seseorang. Dengan mengasup snack gandung, maka tubuh akan mendapatkan 2 gram serat dan juga 193 kalori. Perpaduan karbohidrat dan protein ini akan membantu menstabilkan kadar gula di dalam darah.

5. Susu tanpa lemak

Susu juga termasuk ke dalam cemilan sehat yang dapat diasup selama anda bekerja di kantor. Faktanya, susu miliki sifat yang mampu menurunkan hipertensi dan resiko stroke. Kandungan vitamin B dan A yang dimiliki susu juga mampu meningkatkan penglihatan dengan sangat baik.

Tak hanya itu, dengan rutin mengasup susu juga akan membantu seseorang untuk meminimalisir resiko kanker. Tapinya, anda perlu memastikan pilihan susu tersebut harus yang rendah lemak. Anda bisa meminumnya empat jam setelah makan siang atau di sore hari.