Meminum kopi tidak selalu berbahaya tuk kesehatan. Justru, minum 2 cangkir kopi seharinya dapat mengurangi risiko kanker kolorektal atau usus besar.

Hal ini berdasarkan studi baru-baru ini yang mengutarakan, bahwa meminum satu sampai dua cangkir kopi seharinya dapat mengurangi risiko kanker usus besar sampai 26%. Bahkan, risiko mengembangkan kanker usus besar terus menurun hingga 50% pada saat partisipan minum lebih dari 2,5 cangkir kopi setiap hari.

Penelitian yang diterbitkan didalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention tengah meneliti lebih dari 5.100 peserta berdiagnosis kanker usus besar dalam 6 bulan terakhir. Lalu kemudian, penelitian ini juga menyertakan 4.000 peserta yang tidak memiliki riwayat kanker usus besar.

Kuisoner pun mengumpulkan informasi tentang faktor lainnya yang mempengaruhi risiko kanker usus besar. Perihal ini termasuk riwayat kanker dari keluarga, diet, aktivitas fisik dan kebiasaan merokok.

“Hasilnya pun kami menemukan bahwa minum kopi bisa dikaitkan dengan rendahnya risiko kanker kolorektal. Bahkan, makin banyak kopi yang dikonsumsi, maka kian rendah risikonya,” tutur pemimpin peneliti, Stephen Gruber dari University of Southern California.

Indikasi tuk penurunan risiko terlihat di semua jenis kopi, baik itu yang berkafein maupun tanpa kafein. Kafein dan polifenol dalam kopi dapat berguna sebagai antioksidan yang membatasi pertumbuhan sel kanker usus besar.

“Kabar baiknya ialah data yang kami sajikan untuk menurunankan risiko kanker kolorektal terlepas dari apa rasa kopinya,” tambah rekan penulis studi, Stephanie Schmit.

Tapinya, Peneliti dari Clalit National Israeli Cancer Control Center, Gad Rennert, mengatakan bahwa hasil penelitian ini belum bisa diaplikasikan langsung. “Kita perlu penelitian tambahan sebelum menganjurkan minum kopi sebagai tindakan pencegahan kanker usus besar,” tuturnya.