FC Barcelona mendorong agar gelandang andalannya, Sergio Busquets, dilepas oleh tim nasional Spanyol. Ini lantaran pemain 27 tahun tersebut mengalami cedera patah jari.

Menurut kabar AS, klub berjulukan Azulgrana itu khawatir cedera Busquets akan lebih buruk lagi jika dipaksakan ambil bagian dalam pertandingan internasional yang berlangsung tengah pekan ini. Padahal, Barcelona akan menjalani jadwal krusial nan sangat bergengsi melawan rival abadinya, Real Madrid, pada 2 April nanti.

Busquets tengah menderita cedera pada saat Barca lawan Eibar pada bulan Maret kemarin . Biarpun demikian, dia sudah bisa bermain dan latihan tanpa mengalami masalah. Meskipun demikian, dia selalu mengenakan pelindung pada jari manis tangan kanannya.

Tapinya, rencana Barca tak sejalan dengan keinginan Busquets karena sang pemain punya keinginan kuat tetap membela La Furia Roja. Menurut rencana, Spanyol akan melakoni pertandingan uji coba melawan Italia pada 24 Maret, sebelum beretmu Romania pada pekan berikutnya.

Namun Federasi Sepak Bola Spanyol nampaknya lebih condong tuk menuruti keinginan Barca, yang memang sedang dalam masa penting di dalam perjalanan mempertahankan gelar La Liga. Itu artinya, Busquets kemungkinan besar akan dilepas sehingga tidak bisa membela pasukan Vicente del Bosque pada dua pertandingan tersebut.

Busquets termasuk sosok pemain strategis tuk skuat Barca pada musim ini. Pemain yang ikut membantu Spanyol meraihkan title Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012 tersebut sudah tampil sebanyak 26 kali pada ajang La Liga.