Barang Bukti Uang Suap Untuk DPRD Banten Dibungkus 8 Amplop

DUAKALI.COM – Dalam penangkapan dua anggota DPRD Banten di sebuah restoran di Serpong, Tangerang kemarin, KPK mengamankan uang suap berjumlah ratusan juta rupiah. Uang dalam pecahan dollar AS dan ratusan ribu rupiah itu dibungkus dalam 8 amplop cokelat.

“Barang bukti sementara yang didapat dari TKP adalah uang dalam bentuk dolar AS sebesar 11.000 dalam bentuk rupiah sebesar Rp 60 juta berada di tangan TSS dan SMH,” kata Plt Pimpinan KPK, Johan Budi di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (2/12/2015).

Uang suap itu sempat ditunjukkan dalam konferensi pers. Seorang penyidik yang memakai penutup kepala menunjukkan semua uang suap untuk pendirian Bank Banten itu.

Uang sejumlah total Rp 214 juta dibungkus dalam 8 amplop. Uang Rp 60 juta dibungkus dalam 6 amplop bertuliskan Rp 10 juta, sedangkan uang dollar dipecah dalam dua amplop masing-masing USD 10 ribu dan USD 1.000.

“Ketika dilakukan penangkapan posisinya sudah dibungkus amplop cokelat tulisan Rp 10 juta (rupiah pecahan 100 ribu), yang dolar AS terpisah 1 bundel 10 ribu dan 1 lagi 1.000 total 11.000 dengan pecahan 100 dolar AS,” jelas Johan.

Uang itu diduga berasal dari Ricky Tampinongkol, direktur PT Banten Global Development yang kini sudah berstatus sebagai tersangka pemberi. Sedangkan tersangka penerimanya adalah, SM Hartono (Wakil Ketua DPRD Banten dari fraksi Golkar), dan Tri Satya Santosa (anggota komisi III DPRD Banten dan fraksi PDIP).