Banyak Kartu Single Trip KRL Hilang karena Pengguna Temporer

Jakarta: PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) menyatakan banyak terjadinya kasus kehilangan kartu disebabkan oleh penumpang kereta yang hanya sesekali menggunakan moda transportasi tersebut. Serta bukan penumpang yang sehari-harinya menggunakan commuter Jabodetabek.

“Sabtu-Minggu KRL memiliki potensi meningkat (kehilangan) tersendiri. Karena penumpang ini wajah baru dan bukan penumpang yang memang pengguna commuter pada hari biasa Senin-Jumat,” ujar Direktur Operation dan Commerce, Dwiyana Slamet, di kantor Stasiun Juanda, Jakarta, Rabu (25/3/2015).

Selain itu, Dwiyana menambahkan, masih banyak penumpang yang enggan menukarkan kembali kartu tiket harian berjalan (THB) yang berlaku hanya untuk single trip (sekali jalan), serta menganggapnya sebagai souvenir.

“Ada penumpang yang sebagian besar menganggap kartu ini unik, mereka tidak mau menukarkan kembali kartu single trip, tetapi malah dibawa pulang,” lanjut dia.

Sementara itu, Direktur Utama PT KCJ, Muhammad Fadhil, menyebutkan, selama 2014 tercatat sekira 15 ribu kasus kehilangan kartu terjadi setiap hari. Dengan lima stasiun yang dinilai sering mengalami kejadian kehilangan tersebut.

“Stasiun yang paling banyak tingkat kehilangannya, jika dipantau Tanah Abang, Bogor, Jakarta Kota, Citayam, dan Bojong Gede,” terang dia.

Oleh karena itu, pihak KCJ akan terus memberikan edukasi lebih baik kepada penumpang maupun pihak stasiun agar kehilangan kartu bisa dikurangi.

AHL

Sumber : metrotvnews.com